23 February 2015

Bentuk Karakter dan Jiwa Sportifitas Lewat Tarian

Besarnya tantangan globaliasi dalam mempertahankan karakter sebagai Bangsa Indonesia yang memiliki jiwa gotong royong perlu disikapi dengan memasukkan nilai-nilai tersebut dalam setiap pendidikan maupun aktifitas generasi muda khususnya di Kabupaten Gianyar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupten Gianyar, IGN Wijana dalam Gebyar Tari Bali ke-8 tahun 2015  yang diselenggarakan Sanggar Widya Buana Aga Desa Belega di Balai Budaya Gianyar, (22/2).

Lebih lanjut Kegiatan Gebyar Tari Bali ke-8 merupakan kegiatan positif yang mampu membentuk karakter positif dalam mempertahankan budaya Bangsa seperti seni dan budaya dan jiwa sportifitas serta gotong royong dalam artian luas. Selain juga sebagai ajang pencarian bakat generasi seniman Kabupaten Gianyar.

Ketua Panitia Gebyar Tari Bali ke-8 tahun 2015, I Komang Elen Juniadi  mengatakan Gebyar Tari bali di selenggarakan Sanggar Widya Buana Aga Desa Belega dengan tema “Tattwamasi” (aku adalah kamu, kamu adalah aku). Diikuti 226 peserta yang terbagi atas tiga kategori, yakni Kategori A berusia 5 s/d 9 tahun dengan tarian Puspanjali diikuti 87 peserta dan Baris tunggal (1 babak) diikuti 27 peserta, Kategori B berusia 10 s/d 14 tahun dengan tarian Condong diikuti 52 peserta dan Tari Jauk Manis diikuti 37 peserta dan Kategori C berusia 15 s/d 18 tahun dengan tarian Panji Semirang diikuti 13 peserta dan Tari Topeng Tua diikuti 10 peserta. Kejuaraan memperebukan piala Bupati Gianyar dan total hadiah uang sebesar Rp. 7.200.000,-

Lebih lanjut, I Komang Elen menjelaskan dewan juri terdiri atas Tjokorda Raka Tisnu,SST.,Msi dan Ni Nyoman Kasih, SST.,SSd dari dosen Isi serta Ir. AA Gde Oka Dalem. Penilaian dilihat dari segi teknik, koreografi, ekspresi dan tata rias dan busana. Penilaian tertinggi diambil dari segi teknik dan ekspresi.

Salah satu peserta asal Desa Medahan, Ni Nyoman Mei Fera yang baru duduk di kelas III SDN 3 Abianbase mengaku senang turut serta dalam lomba tari Puspanjali, kendati jantungnya terus berdetak kencang, karena ini pengalaman pertamanya dalam ajang lomba. “Saya senang, tapi deg-deg-an ini pertama kali saya ikut lomba” terangnya sambil tersenyum malu. (humas Gianyar/ns)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .