01 March 2016

Bendesa Desa Pakraman Bitera Dikukuhkan

Setelah berakhirnya masa jabatan Bendesa Desa Pakraman Bitera yang lama, I Nyoman Sumantra terpilih menjadi Bendesa Desa Pakraman Bitera periode 2015 – 2020 menggantikan A. A. Gde Raka. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Majelis Madya Desa Pakraman Kabupaten Gianyar, A. A. Gde Alit Asmara di Wantilan Pura Bukit, Bitera, (28/2). Acara pengukuhan diawali dengan penandatanganan berita acara pengukuhan yang disaksikan oleh Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta beserta anggota, Kepala BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendekiawan, Kabag Ekonomi Setda Kab. Gianyar, Gede Windia Berata, Camat Gianyar, Lurah Bitera.

Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengatakan, tugas sebagai seorang bendesa tidaklah mudah. Dibutuhkan ketulusan dan kesungguhan dalam mengabdi untuk masyarakat, apalagi jabatan sebagai bendesa dalam tidak menerima gaji. Untuk itu perlu peran serta dan dukungan semua pihak, secara bahu membahu untuk memajukan desa. Banyak program – program dari pemerintah, dimana pelaksanaanya yang menjadi ujung tombak adalah Desa Pakraman.

“Dari data yang saya terima, di Kelurahan Bitera masih terdapat sekitar 403 KK miskin. Ini menjadi PR semua pihak, pemerintah termasuk Desa Pakraman untuk mengatasi hal ini,” terang Mahayastra.

Bendesa Desa Pakraman Bitera, I Nyoman Sumantra mengatakan, dengan dikukuhkan dirinya sebagai Bendesa Desa Pakraman Bitera, langkah awal yang akan ditempuhnya yakni dengan mengoptimalkan Dana Pembangunan Desa yang diberikan oleh LPD Desa Pakraman Bitera utamanya memperbaiki Kahyangan Tiga. Selanjutnya, melakukan langkah – langkah kordinasi dengan berbagai pihak dalam memperbaiki insfratruktur yang ada di Kelurahan Bitera seperti jalan.

Seusai acara pengukuhan Bendesa Desa Pakraman Bitera yang baru, acara dilanjutkan dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta Gebyar LPD Desa Pakraman Bitera. Selain menyampaikan pertanggung jawaban pengurus tahun buku 2015, pada kegiatan tersebut juga diserahkan beasiswa bagi 72 siswa berprestasi di Kelurahan Bitera. Ke 72 siswa tersebut merupakan siswa kelas 1 hingga 6 yang menduduki rangking pertama sampai ketiga di 4 Sekolah Dasar di Kelurahan Bitera.

Ketua LPD Desa Pakraman Bitera, I Nyoman Wira Wijaya, SH mengatakan, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh LPD Desa Pakraman Bitera. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memacu lagi semangat para siswa di Kelurahan Bitera untuk bersaing meningkatkan prestasinya.

“Siswa yang menduduki rangking pertama sampai ketiga dari kelas 1 sampai kelas 6, itu yang kami berikan beasiswa. Mudah – mudahan ini bisa memacu siswa yang lain untuk lebih meningkatkan prestasinya,” terang Wira Wijaya.

Wira Wijaya menambahkan, sesuai dengan perkembangan LPD Desa Pakraman Bitera tahun 2015, total asset yang dimiliki mencapai Rp. 22  milyar rupiah lebih,  terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya 2014 yang mencapai Rp. 14 milyar lebih. Tabungan yang dihimpun dari masyarakat tahun 2015 mencapai Rp. 9 milyar lebih, Deposito mencapai  Rp. 9 milyar lebih dan pinjaman yang disalurkan mencapai Rp. 16 milyar lebih. Sementara untuk laba/rugi  yang diperoleh tahun buku 2015 mencapai Rp. 1 milyar lebih.

Untuk dana pembangunan desa yang diambil 20% dari laba LPD setiap tahun, terkontribusi untuk pembangunan desa termasuk tempat suci. Untuk tahun buku 2015 ini, telah diserahkan Dana Pembangunan Desa sebesar Rp. 248 juta lebih diterima Bendesa Desa Pakraman Bitera. Begitu pun dengan dana sosial yang didapat 5% dari laba LPD, telah tersalurkan kepada karma.

Dalam Gebyar LPD Desa Pakraman Bitera tersebut juga dilaksanakan pengundian kupon berhadian dengan hadiah utama satu unit sepeda motor serta doorprize berupa alat – alat rumah tangga. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .