29 February 2016

Bank Indonesia Kembali Tanam Padi Di Gianyar

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali berhasil kembali melakukan kegiatan penanaman padi perdana di Kabupaten Gianyar. Penanaman padi perdana tersebut dilaksanakan pada lahan milik para petani yang tergabung dalam sistem irigasi pertanian tradisional khas Pulau Dewata atau "Subak" di Desa Getas, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, (25/2).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bapak Hendar Harahap, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, Pangdam IX Udayana, Kapolda Bali beserta Pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Selain itu, partisipasi dari ratusan petani subak yang berbaur dengan masyarakat setempat, pelajar, anggota TNI dan Polri serta sejumlah instansi terkait lainnya yang bersama-sama menaman padi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Ibu Dewi Setyowati, mengatakan bahwa, kegiatan klaster ketahanan pangan komoditas padi, sudah dilakukan sejak awal tahun 2015. Dimana areal Subak Pulagan, Kecamatan Tampaksiring, ditetapkan sebagai lokasi pusat pengembangan klaster padi di Kabupaten Gianyar. Selain itu juga, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan teknik budidaya pertanian bagi para petani di Kabupaten Gianyar.

Lebih lanjut, Dewi Setyowati mengatakan, dengan percontohan penerapan teknologi SRI telah berhasil meningkatkan produksi padi yang saat ini mencapai 11,2 ton/hektar.

“Artinya ini peningkatan yang cukup bagus, semoga nantinya dapat memotivasi para petani untuk membantu menyelamatkan area persawahan dari upaya konversi lahan” terang Dewi Setyowati.

Di lain pihak, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, menjelaskan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang merupakan bentuk kepedulian berbagai kalangan terhadap nasib para petani di Bali pada umumnya. Selain itu kegiatan penanaman padi ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pendapatan daerah dari sektor pertanian.

“Penting artinya bagi kita semua untuk memperhatikan sektor pertanian dari berbagai sisi, agar mampu meningkatkan pendapatan daerah Bali serta mendukung pembangunan di Bali” terang Sudikerta.

I Ketut Sudikerta menambahkan, ketersediaan bahan pangan sangat penting, apalagi konsumsi sehari-hari masyarakat di Bali adalah beras yang notabene dihasilkan dari para petani. Ia berharap, tidak hanya Bank Indonesia saja yang melakukan kegiatan seperti ini tetapi juga semua kalangan agar lebih memperhatikan sektor pertanian. (Humas Gianyar/oscar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .