29 June 2010

Banjar Mula Sukawati di Nilai Tim P2WKSS Provinsi Bali

Terjadinya krisis ekonomi yang berkepanjangan dan terus meningkatnya harga kebutuhan pokok rumah tangga, mengakibatkan semakin bertambahnya jumlah penduduk miskin. Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan adalah melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan melalui Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Sebagai tolak ukur keberhasilan program tersebut dilakukan penilaian untuk evaluasi dan pembinaan di setiap kabupaten/kota oleh Tim Penilai P2WKSS Provinsi Bali. Demikian pula dilakukan penilaian terhadap Banjar Dinas Mula, Batu Bulan Kangin, Sukawati sebagai Duta Kabupaten Gianyar yang dinilai oleh tim penilai dari Provinsi (28/6).

Ketua Tim P2WKSS Banjar Mula,  Made Suarni dalam laporannya menyebutkan bahwa tim yang terbentuk sejak 2009 ini mempunyai sasaran keluarga miskin di lingkungan banjar khususnya wanita yang berusia 16-50 tahun, dengan kategori pendidikan dan keterampilan rendah dengan jumlah kader sebanyak 72 orang yang dibagi ke dalam 5 kelompok, yaitu: Kelompok Ukir, Anyaman, Menjarit, Jajan Bali dan Jajan Bolu. Disamping itu Suarni juga melaporkan bahwa berkat program P2WKSS ini, maka saat ini telah terjadi peningkatan peranan  perempuan dalam keluarga khususnya dalam menambah penghasilan/income keluarga. Bupati Gianyar yang diwakili oleh Asisten I Setda Gianyar, Ir. A A Muter Mulyawati mengharapkan dalam penilaian P2WKSS, juara bukanlah menjadi tujuan utama, melainkan proses tahapan penilaian tersebut dapat dipetik hikmahnya. Guna mensukseskan program pembangunan Pemkab. Gianyar, khususnya pembangunan pedesaan di Banjar Dinas Mula Batu Bulan Kangin Sukawati. Sementara itu Ketua Tim Penilai Provinsi Bali, Nyoman Gunadi mengharapkan melalui program P2WKSS, perempuan Bali mampu mengidentifikasi dan menganalisa kemampuannya serta menggunakan teknologi yang tepat guna, sehingga menghasilkan  produktifitas dan ketrampilan yang mampu meningkatkan kualitas hidup keluarga maupun dirinya sendiri, yang akhirnya  mempunyai gaya dan perilaku hidup sehat menuju masyarakat mandiri dan sejahtera.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .