27 April 2011

“Banaspati Raja Murti” Sambut Tim Verifikasi Sekolah Adiwiyata

Tim verifikasi sekolah Adiwiyata pusat dari Kementerian Lingkungan Hidup, disambut oleh masyarakat SMAN 1 Sukawati dengan pagelaran Banaspati Raja Murti (26/04). Pagelaran Banaspati Raja Murti dari siswa-siswa SMAN 1 Sukawati berisikan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan alam. Setelah sukses meraih Adiwiyata tahap I (Sekolah Calon Adiwiyata) SMAN 1 Sukawati kembali dinilai oleh Tim Verifikasi Adiwiyata Pusat  dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk memperebutkan predikat Sekolah Adiwiyata (Adiwiyata tahap II). Penghargaan Sekolah Adiwiyata bertujuan memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang memiliki kebijakan berwawasan lingkungan hidup. Demikian diungkapkan Kepala SMAN 1 Sukawati, I Nyoman Sudana.

Menurut Kasek. Nyoman Sudana, SMAN 1 Sukawati merencanakan program Adiwiyata dengan melaksanakan 4 indikator arah pengembangan sekolah Adiwiyata salah satunya melalui  kemitraan dengan beberapa pihak, seperti; Yayasan Puri damai untuk budi daya pembibitan khususnya tanaman langka dan tanaman obat-obatan, Sekar Bunga Florist untuk keterampilan merangkai bunga potong dan Yayasan Bali Cantik Tanpa Plastik untuk pembelajaran bertindak bijak menggunakan plastik.

Lebih lanjut, menurut Sudana, atas komitmen dan kerjasama tersebut SMAN 1 Sukawati meraih banyak prestasi bergensi, seperti; Gold Medal Tri Hita Karana Award, Juara III Karya Seni Siswa tingkat Nasional bertajuk lingkungan, Juara II karya tulis lingkungan dengan penelitian penggunaan pupuk organik dari daun nangka dari Kementerian Lingkungan Hidup dan British Council.

Menurut Ketua Tim verifikasi pusat, Kun setiawan, masyarakat Bali, khususnya Gianyar, memberikan pemahaman dan pendidikan tentang pelestarian dan pemberdayaan lingkungan melalui unsur-unsur budaya, dimana unsur tersebut menjadi bagian dari kegiatan keseharian. Diharapkan melalui integrasi tersebut memudahkan para remaja untuk lebih menjiwai dan mengamalkannya, Karena inti dari Sekolah Adiwiyata adalah “Belajar dari Lingkungan Sekitar.” Lebih lanjut menurut Kun, kemitraan dengan beberapa pihak terkait diharapkan mampu memberikan pembinaan dan pembelajaran kepada masyarakat SMAN 1 Sukawati untuk lebih mencintai dan memberdayakan lingkungan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Anak Agung Mas Herawati menjelaskan bahwa keberhasilan SMAN 1 Sukawati sampai pada tahap verifikasi Sekolah Adiwiyata, berkat kerja keras dan kerjasama seluruh warga sekolah, masyarakat serta pembinaan dari beberapa instansi terkait. Lebih lanjut Gung Herawati berharap dari kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi masyarakat dalam pelestarian dan penyelamatan lingkungan serta memberikan pendidikan peduli lingkungan, hidup sehat dan mandiri.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .