06 April 2016

Badan Pusat Statistik Latih 726 Petugas Lapangan

Validasi serta dapatkan data dasar dari unit usaha yang bergerak di berbagai aktifitas usaha kecuali usaha pertanian, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar latih 726 petugas sensus lapangan. Hal tersebut terungkap saat Asisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Astawa Suyasa membuka Pelatihan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) BPS Kabupaten Gianyar di Peliatan Room Sens Hotel dan Spa Jalan Raya Tebesaya Desa Peliatan Kecamatan Ubud Gianyar, (5/4).

Asisten II Setda Kabupaten Gianyar, I Ketut Astawa Suyasa mengatakan kegiatan SE2016 diharapkan akan menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi menyususn kebijakan, oerencanaan dan evaluasi pembangunan. Kegiatan pendataan lengkap tahun 2016 diawali dengan kegiatan pendaftaran bangunan dan usaha/ perusahaan yang berada dalam bangunan tersebut. Kegiatan ini juga untuk memperoleh data dasar dari unit usaha/ perusahaan yang bergerak di berbagai aktivitas. “Namun sensus ekonomi yang dilaksanakan di seluruh Indonesia tidak akan mendata bidang pertanian,” terang Astawa Suyasa.

Hasil data yang diperoleh dari kegiatan sensus ekonomi 2016 akan dimamfaatkan sebagai gambaran keadaan kegiatan ekonomi di Kabupaten Gianyar. Petugas lapangan yang mengikuti pelatihan agar serius dan bisa memahami konsep tentang tata cara pencahan di lapangan sehingga yang dihasilkan merupakan kondisi asli di lapangan.   “Saya berharap kita dapat bersama-sama menyukseskan kegiatan ini, dari pengumpulan data sampai pengolahan data dan bisa di terbitkan sebagai data yang akurat,” imbuh Astawa Suyasa.

Senada yang diungkapkan Kepala BPS Kabupaten Gianyar, Ni Putu Minarni S. kalau pelatihan juga dimaksudkan untuk memperoleh petugas sensus yang professional serta bisa menyajikan data dasar unit usaha. Sehingga dari data yang diperoleh bisa dipergunakan menyusun peta dan direktori dalam menyusun kerangka sampel survei bidang ekonomi dan mendapatkan informasi penggunaan internet, sistem waralaba dan kepemilikan usaha. “Kami berharap pelatihan bisa berjalan lancer dan hasilnya bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” terang Minarni.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini dimulai dari 5-24 April 2016, akan dibagi menjadi empat gelombang dan empat tempat, yakni di Sens Hotel, Evitel, Puri Garden, dan Buwana Hotel. Sebanyak 726 orang terdiri dari 183 orang Petugas Pemeriksa Lengkap (PML), 543 orang Petugas Pencacah Lengkap dan 27 orang panitia kelas. Sedangkan narasumber/Inda sebanyak 13 orang asal BPS Kabupaten Gianyar dan BPS Provinsi Bali.   “Pelatihan kali ini merupakan pelatihan gelombang I yang diikuti dari petugas asal wilayah Sukawati, Tampaksiring dan Ubud,” imbuh Minarni. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .