28 January 2015

Babinsa KODIM 1616 Gianyar Belajar Menanam Padi

Kodim 1616/Gianyar bersama Dinas Pertanian Gianyar telah berupaya mendukung kegiatan program ketahanan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan di kabupaten Gianyar. Bentuk nyata dari pelaksanaan ini adalah pembelajaran penanaman padi diareal persawahan desa Tegal Tugu bersama petani dan Tim Teknis Dinas Pertanian Gianyar, (28/1).

Pembelajaran yang langsung dipimpin Dandim 1616/Gianyar diperuntukan bagi anggota Kodim 1616/Gianyar khususnya Babinsa.

Pola tanam padi yang dilaksanakan menggacu pada pola tanam padi "Jajar Legowo" yang lebih banyak dapat sinar matahari dan penanamanya pada sisi pinggir sawah.

Pola tanam yang diterapkan cocok dengan kondisi persawahan di kabupaten Gianyar dimana areal persawahan tidak begitu luas dibanding kabupaten lainya yang ada di Bali namun penanaman dapat dilakukan dua atau tiga kali setahun selain tergantung kondisi air.

Menurut Letkol Inf Rachmad PS,S.IP,M.Si program pembelajaran penanaman padi "Jajar Legowo " diharapkan dapat di sampaikan oleh Babinsa kepada petani di desa binaanya agar pola tanam padi yang selama ini digunakan perlahan dapat menerapkan sistim pola tanam ini sehingga produktivitas panen dapat ditingkatkan, disamping yang paling penting kondisi irigasi merupakan hal terpenting dalam persawahan, hal ini sudah cukup menunjang karena sistim pengairan dan kondisi air di Gianyar sudah memadai.

Diharapkan program pembelajaran tanam padi ini kedepan dapat menyukseskan program ketahanan pangan menuju swasembada pangan. (Humas)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .