03 February 2015

Atasi Macet Ubud Jalan Suweta Dilarang Parkir

Upaya Pemkab. Gianyar bersama tokoh, dan masyarakat Ubud untuk mengataasi kemacetan Ubud terus dilakukan. Setelah peresmian central parkir yang dikelola oleh Cokorda Ngurah Suyadnya oleh Kepala Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen pol Condro Kirono, 24 januari lalu.

Berdasarkan hasil pemantau lapangan pada hari pertama ujicoba arus lalulintas di Ubud (2/2), tampak sangat lancar dan terkendali. Demikian pula pada jam rawan macet antara pukul 12.00 hingga pukul 15.00 Wita tampak pergerakan kendaraan baik yang keluar masuk ubud bergerak lancar.

Kondisi lancarnya lalu lintas Ubud, atas kebijakan Pemkab. Gianyar melakukan ujicoba penataan arus lalu lintas di Kawasan Ubud. Uji coba yang dimulai dari tanggal 2 Pebruari hingga 3 Maret 2015 merupakan upaya penataan kawasan Ubud atas hasil rapat camat, muspika, Bendesa Pakraman Ubud dan Padangtegal, LPM, Yayasan Binas Wisata Ubud, Kaling se-Kelurahan Ubud dan Pengelola Parkir Desa Pakraman Ubud.

Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa dalam menjelaskan, berdasarkan hasil rapat disepakati uji coba dengan jalan pelarangan parkir pada Jln. Suweta dari Catu Pata sampai dengan Central Parkir Ubud pada kedua sisi jalan dari pukul 09.00 – 18.00 wita. Parkir pada Jln. Suweta hanya diperbolehkan pada sisi barat mulai pukul 18.00-08.59 Wita. Drof off atau loading zone diberlakukan pada Jalan Suweta Utara wantilan Pura Desa Ubud dan pada Jalan Wanara Wana Timur Kantor Lurah Ubud. Area traffic calming (paving block) pada Jalan Wanara Wana mulai depan Tropica Seafood dan Grill sampai Catus Pata, dilarang parkir pada kedua sisi, pelarangan parkir pada kedua sisi jalan juga berlaku pada area traffic calming pada Jalan Cok Sudarsana mulai dari depan Pasar Ubud/Apotek Ari Medika sampai dengan Café Lotus.

Cok Agusnawa menambahkan kendaraan diharapkan parkir pada satuan ruang parkir yang diperbolehkan atau pada central parkir yang tersedia seperti khusus untuk bus di Areal Jaba Pura Dalem Puri, Monkey forets, dan central parkir pribadi  yang tersedia.

Sementara Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra ditemuai di ruang kerjanya menyampaikan, uji coba penataan lalu lintas ini merupakan upaya serius dari Pemkab. Gianyar bersama masyarakat setempat untuk segera mendapatkan solusi pemecahan kemacetan Ubud. Sambil menanti kajian ITB terhadap kemacetan di Ubud, yang dalam kajian tersebut, keberadaan central parkir juga merupakan solusi atas pemecehan masalah yang ada.  Bilamana uji coba berjalan efektif akan terus dilaksanakan Pemkab. Gianyar bersama masyarakat setempat.

Gus Gaga yang juga mantan Kadis Perhubungan ini berharap,  dukungan dan kerjasama masyarakat, tokoh-tokoh serta pelaku pariwisata di Ubud menjadi kunci utama pemecahan masalah di Ubud.

Gus Gaga juga menyampaikan apresiasi kepada salah satu tokoh muda Ubud, yakni Cokorda Ngurah Suyadnya atau Cok Wah yang telah membuat sentral parkir. Karena keberadaan central parkir seperti ini sangat bermanfaat untuk memecahkan kemacetan Ubud. (Humas Gianyar/Bid)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .