20 April 2010

Apel Peringatan Hari Jadi Kota Gianyar Ke-239 Tahun 2010

Peringatan  Hari Jadi Kota Gianyar yang ke-239 Di Kabupaten Gianyar berjalan  hikmat dan lancar di Lapangan Astina Raya Gianyar. Hadir  dalam peringatan tersebut Bupati Gianyar Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Wabup  Dewa Made Sutanaya Seluruh pejabat SKPD Gianyar serta  Pimpinan DPRD Gianyar dan seluruh anggotanya.

Dalam peringatan Hari Jadi Kota  Gianyar yang ke- 239 tahun 2010 yang bertemakan ”Melalui Peringatan Hari Jadi  Yang Ke-239  Kota Gianyar Kita  Tingkatkan Partisipasi Masyarakat  Untuk Membangun  Gianyar berlandasakan Tri Hita Karana” hendaknya dapat dijadikan  motivasi dan Inspirasi dalam melanjutkan  cita-cita para pendiri  bangsa dalam  membangun dan memajukan daerah sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Beranjak dari dilaksanakan Hari Jadi Kota Gianyar dapat juga dimaknai sebagai sakralisasi dari sebuah kelahiran sehingga dapat dipakai sebagai simbol dan spirit dalam  kehidupan  berbangsa dan bernegara. Bupati  Gianyar Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati Ketika Membacakan sambutan Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan Peringatan Hari Jadi Kota Gianyar hendaknya disikapi secara arif dan bijaksana sebagai refleksi bagi genarasi sekarang untuk mencapai kesejahteraan masyarakat tanapa melupakan perjuangan para pendahulunya. Lebih jauh dijelaskannya juga dalam era otonomi dan arus globalisasi  hendaknya sedini mungkin mempersiapkan   diri melalui upaya meningkatkan kualitas Sumberdaya manusia serta pentingnya menarik pelajaran yang berharga dari perkembangan yang terjadi baik di tingkat daerah, Nasional  maupun Internasional. Selain itu dalam konsep menjaga keutuhan  dalam menggali potensi-potensi dan mencari peluang dalam usaha meningkatkan kapasitas masyarakat  hendaknya ditanamkan  semangat ” Menyama Braya” dalam menyukseskan pembangunan di segala bidang. Serta jangan melupakan  warisan budaya tradisonal dengan falsafah Tri Hita Karana.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara  Cokorda Gde Putra Nindia. SH. MH dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Gianyar dan Seluruh Karyawan-Karyawati  Pemkab Gianyar  karena telah berjuang maksimal untuk melakasanakan Kegiatan Hari Jadi Kota Gianyar yang ke-239 Tahun 2010. Semoga dalam mengarungi kehidupan  untuk mengisi perjuangan  yang luhur dari Kota Seni dan budaya Gianyar dapat terus ditingkatkan sesuai harapan seluruh masyarakat Gianyar.

Untuk memeriahkan kegiatan Hari Jadi Kota Gianyar yang Ke-239 telah dilaksanakan berbagai kegiatan lomba olah raga diantaranya  Lomba Tarik Tambang, Lari Karung, Lari Terompah  Panjang,  Baris Berbaris, Bulu Tangkis. Selain lomba-lomba olah raga, kegiatan seperti  lomba janur dan makanan, lomba busana putra-putri,  Pameran Pasar Rakyat, Uji Coba Gong Kebyar dan Drama Gong duta Gianyar pada PKB,  pementasan  hiburan joged bumbung serta jalan santai yang dirangkaikan dengan medical chek up bagi para PNS juga turut memeriahkan HUT Gianyar ke-239 ini.

Seusai pelaksanaan apel bersama, acara kemudian dilanjutkan dengan Resepsi Syukuran bersama para undangan di Lantai II Balai Budaya Gianyar. Pada acara Resepsi, Bupati Gianyar berkesempatan Mengukuhkan secara resmi Marching Band Pemkab Gianyar serta menyerahkan berbagai hadiah – hadian hasil lomba yang digelar, berturut-turut dari juara I, II dan III sebagai berikut :

-        Terompah Panjang Putri  yakni : Dinas Sosial, Inspektorat, dan Asisten II Setda Kab Gianyar. Sementara untuk  Putra yakni  :  Sekretariat DPRD, Dishubinkom, dan Bappeda.

-        Lari Karung putri : BKD, Asisten II dan PDAM, sementara putranya  : DKP, Dinas Kesehatan, dan PDAM.

-        Tarik Tambang Putri  : Dispenda Inspektorat, Asisten II dan KPAD, Untuk Tarik Tambang Putra  : Polres Gianyar, Dishubbinkom, Dispenda, dan Asisten II.

-        Untuk lomba berbaris : Sekreatriat DPRD, Camat Gianyar, dan Dinas Koperasi.

-        Bulu Tangkis :  Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga, Bappeda, Dinas  Peternakan.

-        Lomba Merangkai Bunga dan Janur dalam rangka Merangkai Janur untuk Resepsi Perkawinan

-        WHDI Kecamatan Taampaksiring, SMP N 3 Gianyar, SMP N I Ubud

-        Lomba  Membuat Gebogan Untuk Upacara Dewa Yadnya  yakni : TP. PKK Kec Sukawati, DPW Badan PP dan KB. TP.PKK Kec Tampaksiring.

-        Lomba membuat Jajan Sumping  :  TP.PKK Kec. Tegalalang, DPW Dinas Sosial, WHDI Kec Tegalalang.

-        Lomba Membuat Jajan Sumping   : DPW Dishub dan Infokom, TP.PKK Kec Ubud, DPWDiparda.

-        Lomba Masakan  Serba Ikan : DPW BLH, PKK Desa Guwang Sukawati, DPW RSUD Sanjiwani.

-        Lomba Busana Kepura Putra : DPW Bappeda, DWP Dispenda, Dinas PU sementara Lomba  Busana Kepura Putri : DWP Dinas  Kesehat5an, SLTP N I Gianyar, DWP Dinas PUGianyar.

-        Lomba Busana menghadiri Undangan Adat dalam rangka Upacara Potong Gigi Putra : BRI Cabang Ubud, IWAPI Gianyar, DWP Bag. Pembangunan. Dan untuk putrinya : Juara I Iwapi Gianyar, II.DWP Capil dan III. BRI Cabang Ubud.

Selain itu pada acara resepsi ini  para pimpinan SKPD dan para istri pimpinan SKPD se Kab. Gianyar berkesempatan unjuk kebolehan dengan menyumbangkan beberapa buah lagu secara berkelompok. Bupati Gianyar, Cok Ace dalam sambutannya kembali menegaskan kepada semua yang hadir, bahwa peringatan hari jadi tidak hanya sekedar seremonial belaka, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat memberi makna yang lebih aktual dan lebih sesuai dengan konteks perkembangan jaman, tegasnya.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .