15 October 2015

Aksi Sosial Tutup Kegiatan Bina Lansia Berbasis Masyarakat di Desa Bukian

Berbagai aksi sosial tutup pelaksanaan kegiatan Bina Lansia Berbasis Masyarakat Provinsi Bali di Desa Bukian, hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia, I Wayan Parmiyasa, saat acara penutupan, di Wantilan Banjar/Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Gianyar, (13/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan Bina Lansia Berbasis Masyarakat dibuka Ketua Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahtraan Sosial (BK3S) Propinsi Bali, di Banjar Dawan Kaler, Desa Dawan, Kecamatan Klungkung, (4/9) lalu. Kegiatan yang dipusatkan di dua desa di Kabupaten Klungkung dan Gianyar, bertujuan untuk mensejahtrakan serta meningkatkan kepedualian masyarakat terhadap lansia. Sebanyak 100 orang lansia asal dua desa tersebut diberikan penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan, senam rutin, pemberian sembako serta berbagai kegiatan lainnya. “Kami juga bekerja sama dengan berbagai pihak, agar para lansia memperoleh bantuan rehab rumah, kursi roda, pengobatan rutin, serta bantuan lainnya bagi yang membutuhkan,”imbuhnya.

Saat kegiatan penutupan, kelompok lansia Bali Mandiri Desa Bukian bisa mempersembahkan tarian serta janger yang sangat enerjik, bahkan penampilan mereka bisa mengocok perut penonton. Karena yang tampil rata-rata diatas usia lanjut dan mengundang tawa penonton. Biasanya tari penyambutan dibawakan penari-penari cantik namun kini tarian tersebut dibawakan lansia dan sekaligus bisa menghibur penonton. Kegiatan juga dipadati ratusan lansia yang akan berobat serta memeriksakan mata gratis. Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis disediakan RS Indra Denpasar serta dari Yayasan Bali Sari, Ubud, Gianyar. “Kami juga mengajak pihak lain seperti Hardys, BPD, Bank Lestari sereta berbagai pihak yang peduli terhadap kegiatan sosial, mereka mengeluarkan CSR dengan program bedah rumah, pemberian kursi roda, jamban, tongkat dan sebagainya,” imbuh Parmiyasa.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata yang diwakili, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya juga telah membuat berbagai kebijakan serta program guna meningkatkan peranan masyarakat terhadap lansia. Pemkab. Gianyar dengan K3S Kabupaten Gianyar juga menyerahkan bantuan ke para lansia guna mendukung kegiatan ini.  “Semoga kegiatan yang dilaksanakan di Desa Bukian bisa dilakukan di seluruh desa di Gianyar, Pemkab. Gianyar memberikan juga memberikan Jamban serta program rehab rumah bagi yang layak, sedangkan provinsi dengan program Bedah Rumah,” terang Suardana.

Senada yang diungkapkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, I Nyoman Wenten, kalau Pemprov Bali sangat konsen dengan berbagai program pengentasan kemiskinan dan lansia. Pemprov Bali terus berharap dan mengajak masyarakat agar kerjasama dengan berbagai pihak untuk entaskan kemiskinan. Kegiatan seperti diharap bisa dijadikan motivasi berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatan sosial. “Hidup kita tidak terlepas dari peranan orang tua, sehingga saat hidup mereka perlu diperhatikan dengan baik, kegiatan ini bisa picu kepedulian kita semua,” terangnya. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .