21 March 2016

Agung Bharata Bangun Desa Kerta, Dari Infrastruktur Hingga Kebun Raya Tematik

Komitmen Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata untuk mengentaskan penduduk miskin di Kabupaten Gianyar sangat tinggi. Tidak saja berupaya mengetaskan kemiskinan, Bupati Agung Bharata juga mebangun secara menyeluruh desa agar bisa bangkit dan meningkatkan kesejahteraan warganya.

Seperti kedatangan Bupati Agung Bharata di Br. Pilan, Desa Kerta, Payangan. Desa Pakraman dengan jumlah 174 kk, saat ini 95 kk mendapat bantuan raskin dari pemerintah.

Untuk membangun dan menggerak desa, Bupati Gianyar datang dan menerjukan SKPD terkait untuk membangun salah satu daerah wisata agro di Kabupaten Gianyar.

Bupati Gianyar, pada jumat 18 maret 2016, datang bersama pimpinan SKPD, diantaranya Kadis PU, Nyoman Nuadi, Kepala PP dan KB, Ida Ayu Sri Ambari, Kepala DKP, I Wayan Kujus Pawitra, Kepala BLH, Anak Agung Ari Brahmanta, Kepala Dinas Sosial, I Wayan Watha, Kadis Perindag, I Wayan Suamba, Kepala Disdukcapil, Gde Bhayangkara, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Gusti Ayu Dewi Hariyani, Camat Payangan, Anak Agung Gde Raka Suryadiputra dan pejabat terkait lainnya. 

Dalam kunjungan selain menjadikan Desa Kerta sebagai Kampung KB, di kawasan ini akan dibuat kebun raya tematik, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat yang masih menghandalkan dari sektor pertanian, jeruk.

Untuk mewujudkan kebun raya tematik ini, Bupati Agung Bharata bersama TNI lewat program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) membangun jalan sepanjang 1,8 km yang menghubungkan Br. Pilan dan Br. Penyabangan. Selain itu, juga dilakukan rahab rumah, bantuan jamban, pengobatan gratis, pelayanan KB dan kesehatan, bantuan beasiswa, perbaikan sarana pendiikan dan insfrastruktur.

“Kita sangat berkomitmen untuk membangun Br. Pilan untuk bisa meningkatkan kesjahteraan masyarakat dan memberdayakan desa”, ungkap Agung Bharata kepada warga.

Terkait dengan rencana pengambangan hutan rakyat seluas 18 hektar menjadi kebun tematik, warga Br. Pilan sangat menyambut antusian program dari Bupati Gianyar ini.

Kelian Dinas Pilan, I Wayan Apel,  Disampingi Bendesa Pakraman Pilan, I Nyoman Mantel, dan Kades Kerta I Made Gunawan, dihadapan warga sangat mendukung rencana kebun raya tematik di desanya.

Bendesa Pakraman Pilan I Nyoman Mantel keberadaan hutan desa, yang akan dikembangkan untuk kebun raya tematik, diharapkan dapat member manfaat bagi perekonomian masyarakat setempat. Disamping kelestarian hutan yang kini banyak memiliki satwa kijang ini dapat terus terjaga. (Humas Gianyar/Bid)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .