19 October 2015

“Porseni Desa Singapadu Kaler” Dari Lomba Buat Lawar Hingga Fashion Show

Lomba kuliner  dan fashion show mewarnai pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni)  Desa Singapadu Kaler ke-II, yang dibuka Wabup Gianyar Made Mahayastra, (18/10) di halaman SMK Werdhi Sila Kumara, Singapadu Kaler. Uniknya hampir  sebagian besar  kegiatan  perlombaan bernafaskan budaya dan pelestarian lingkungan.

Ketua Panitia Nyoman Narya menjelaskan, selain membuat lawar dan fashion show, juga ada lomba membuat penjor, menjinjing keben dengan naik sepeda, parade baleganjur, mesatwa Bali, lomba merancang pakaian kerja dan untuk kundangan, menangkap belut, memasukkan paku dalam botol, cerdas cermat, tarik tambang, lomba kebersihan dan memungut sampah plastik.

Ada dua jenis lawar yang dilombakan yakni lawar belimbing dan srosoban. Ada pula pembuatan komoh dengan juri yang ahli dibidangnya. Sementara fashion show yang diperagakan sekehe teruna dengan desainer masing-masing banjar, mendapat penilaian langsung dari tiga desainer kondang Bali asal Gianyar yakni Tjok Abi, Bintang Mira dan Tude Togog yang didatangkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Gianyar sebagai upaya menggali bibit-bibit desainer dan model sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kreatif yang berujung pada kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, Gianyar sudah menggelar fashion show pada tingkat nasional, propinsi, kabupaten dan kecamatan.

Peserta Porseni melibatkan lima banjar yang ada di Desa Singapadu Kaler yakni, Kederi, Samu, Silakarang, Belang dan Belang Kaler, mulai dari anak-anak TK, SD, sekehe teruna dan masyarakat umum,” terang Nyoman Narya.

Sementara Wabup Made Mahayastra dalam kesempatan itu mengatakan, semua kegiatan yang bernafaskan seni budaya sesungguhnya  mencerminkan kerinduan  akan nilai seni budaya dan ini bagian dari potensi pertumbuhan ekonomi kreatif  untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita jangan pernah melupakan warisan seni budaya . Untuk itu diharapkan Porseni dilaksanakan secara kontinyu apalagi Singapadu Kaler sebagai Desa Wisata untuk menarik kunjungan wisatawan,” ujar Made Mahayastra.

Ditambahkan, lewat Porseni akan menanamkan  rasa kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antar warga, berbagi ilmu dan pengalaman dalam kompetisi yang sehat dan meningkatkan rasa kebersamaan dan kreativitas pemuda dalam kegiatan bersama.

Dalam pembukaan Porseni tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara oleh Wabup Made Mahayastra bersama Ketua DPRD dan undangan terkait lainnya. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .