07 January 2015

“One Inovation One Agency” Diharapkan Lebih Menyentuh Masyarakat Bawah

Dalam rangka mempercepat terwujudkan program “One Inovation One Agency”, Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra merapatkan seluruh jajaran Satuan Kerja Unit Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab. Gianyar di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (6/1).

Sekda Gus Gaga meminta klarifikasi terhadap semua bawahannya terkait program inovatif yang akan dilaksanakan di masing SKPD termasuk kendala yang dihadapi.  Terdapat empat kategori Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik yang nantinya akan dilaksanakan di masing – masing SKPD antara lain, Perbaikan Pemberian Pelayanan Kepada Masayarakat, Memperkuat Partisipasi Dalam pembuatan kebijakan melalui mekanisme yang inovatif, mendorong pemerintahan berbasis pendekatan kolaboratif dalam era informasi serta mendorong responsive gender dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Setiap SKPD nantinya akan memilih satu kategori untuk program inovatif yang akan diaksanakan. Tak menutup kemungkinan pula, satu instansi memenuhi beberapa kategori tetapi harus memiliki satu kategori yang dominan.

“Program inovatif tersebut saya harapkan lebih mengacu pada keterlibatan masyarakat yang mencakup segala kepentingan masyarakat tersebut,” tegas Gus Gaga.

Seperti halnya, pada Dinas Koperasi, Gus Gaga mengaharapkan melalui Koperasi Jasa Usaha Beras (KJUB) mampu mewadahi petani di Gianyar guna membantu dalam hal pemasaran. Demikian juga penyaluran beras kepada pegawai di Lingkungan Pemkab. Gianyar, harus merupakan produk beras petani lokal Gianyar. Untuk itu, Gus Gaga menegaskan agar Dinas Koperasi memastikan beras yang disalurkan oleh KJUB merupakan beras produksi petani lokal Gianyar.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Gus Gaga juga meminta kepada Badan Pelayanan Perijian Terpadu selaku lembaga yang mengeluarkan ijin usaha pertokoan, menjadi syarat wajib bagi pengusaha untuk menjadikan beras produksi petani lokal Gianyar salah satu item barang dagangannya.

“Itu salah satu cara untuk memproteksi para petani kita. Memudahkan mereka dalam hal pemasaran dengan harga jual yang stabil,” terang Gus Gaga.

Untuk terwujudkan pelaksanaan program “One Inovation One Agnecy” yang tepat, kepada SKPD juga dibagikan copy Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan. Selain itu, juga dibagikan copy buku tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia Tahun 2014 sebagai acuan penerapan Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .