11 June 2014

“Colek Pamor” Di Meseum Arma

Pameran seni lukis menjadi salah satu daya tarik pariwisata Ubud.Seperti halnya Sanggar Dewata Indonesia (SDI) yang menggelar pameran bertajuk “Colek Pamor” di Museum Agung Rai Art Museum (ARMA) di Ubud, 9 Juni - 9 Juli 2014.

Pembukaan pameran, (9/6) dihadiri sejumlah seniman, pengamat dan kolektor, termasuk pemilik ARMA, A.A. Gde Rai dan pengamat seni Mr. Jean Couteau. Dari pihak pemerintah hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Gianyar, A.A. Ari Brahmanta.

Pameran Sanggar Dewata Indonesia diikuti 39 seniman yang memilih “Colek Pamor” sebagai tema pameran ingin mengungkapkan ungkapan sikap dan perhatian dalam mengamati jejak transformasi budaya di Bali.

Ketua SDI Wayan Sumadi mengatakan, pameran ini sebagai sebuah bingkai untuk mengadu gagasan dalam berkarya. Seniman yang berpameran merupakan anggota SDI yang menetap dan berproses di Bali.

Made Wiradana salah seorang peserta pameran ini mengaku ingin membubuhkan rasa dan originalitas pada karya-karya yang dipamerkan.

“Pameran ini bukanlah soal tema dalam berkarya,” ungkapnya.

Pemilik  ARMA, AA Gede Rai menyambut baik pameran Colek Pamor yang dilakukan Sanggar Dewata.  Pameran ini merupakan kerjasama yang kesekian kalinya antara Sanggar Dewata dengan Museum ARMA. Bahkan, tahun 2013 SDI juga menggelar pameran serupa dengan tema Irony in Paradise.

ARMA memang memberikan wadah dan ruang para seniman untuk berkarya dan berkreativitas lewat pameran. Karena itu ARMA telah memiliki program untuk menggelar pameran baik  seniman dalam maupun dari luar negeri. 

"Kami menyediakan fasilitas bagi seniman yang kreatif dalam penciptaan karya-karya seni ", ungkap Agung Rai-panggilan akrabnya.

Karya yang dipamerkan kelompok SDI, selain sejumlah karya patung dan lukisan, sebuah seni instalasi sebagai refleksi kebersamaan dalam berkarya  di gelar di luar gedung pameran, seperti Who Am I karya Suardana Putra, patung tanpa tepi hasil kolaborasi Nengah Sujena dengan seluruh peserta pameran. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .