04 May 2015

7.625 Siswa SMP Ikuti UN Hari Pertama

Sebanyak 7.625 siswa dari 45 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Gianyar mengikuti ujian negara (UN) hari pertama. Satu siswa terpaksa mengikuti ujian di rumah sakit karena menderita demam berdarah (DB). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gianyar, Dewa Alit Mudiartha di sela – sela pemantauan UN SMP oleh Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata di SMPN 1 Tampaksiring, (4/5).

Dewa Alit mengatakan, secara umum UN hari pertama berjalan lancar. Pasalnya, tidak ada satu pun siswa yang absen dalam pelaksanaannya. Hanya saja, satu siswa dari SMPN 2 Sukawati terpaksa ujian di rumah sakit.

Sebagaimana dengan sistem UN tingkat SMA/SMK, pada tingkat SMP menggunakan sistem serupa. UN tidak menjadi penentu kelulusan. Namun, tiga tujuan menjadi target, antara lain pemetaan potensi anak didik, mencari sekolah ke jenjang berikutnya, dan pembinaan satuan pendidikan.

“Memang UN tidak pengaruhi kelulusan. Akan tetapi, nilai UN akan menjadi standar untuk siswa menuju jenjang berikutnya. Garis besarnya, jika siswa ingin dapat sekolah terbaik, ya mesti dapat nilai yang terbaik pula,” jelas Dewa Alit Mudiartha .

Lebih lanjut, Dewa Alit menerangkan, UN SMP berlangsung selama empat hari mulai Senin (4/5) sampai dengan Kamis (7/5). Setiap mata pelajaran ujian dilaksanakan satu hari. Mata pelajaran yang diujiankan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, serta IPA. Mengenai standar operasional prosedur (SOP) UN, di dalamnya tegas dinyatakan bahwa pengawas berada di dalam ruangan 5 menit sebelum UN dimulai. Waktu tersebut digunakan untuk memastikan ruang ujian steril dari benda – benda yang menggangu pelaksanaan UN.

Sementara itu, Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan dirinya sangat bersyukur karena tidak ada satu pun anak didik di wilayah Kabupaten Gianyar absen dalam UN hari pertama. Hal tersebut menjadi indikator penting bahwa seluruh siswa sangat siap menjalani UN. Bupati juga mengingatkan agar siswa tetap fokus menghadapi UN dan jangan sampai dijadikan beban yang berlebihan.

”Fokus adalah kunci meraih hasil yang maksimal,”ujar Agung Bharata. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .