29 March 2016

7 Desa di Gianyar Resmi Jadi Kampung KB

Kampung KB merupakan wadah dalam menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia dimana setiap keluarga secara optimal dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga. Demikian yang disampaikan Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat menetapkan pencanangan Banjar Dinas Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan sebagai Kampung KB Tingkat Kabupaten Gianyar Tahun 2016, (28/3).

Pencanangan Kampung KB Banjar Dinas Pilan Desa Kerta, Payangan juga diikuti secara serentak pencanangan Kampung KB di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gianyar, seperti Banjar Manyar Desa Ketewel, Sukawati, Banjar Margasengkala Desa Bedulu, Blahbatuh, Banjar Lokserana Desa Siangan, Gianyar, Banjar Dinas Saraseda Desa Tampaksiring, Tampaksiring, Banjar Dinas Lod.sema Desa Lodtunduh, Ubud serta Banjar Dinas Kendran Desa Kendran, Tegalallang.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP & KB) Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Putu Sri Ambari mengatakan Desa Kerta khususnya Banjar/Desa Pakraman Pilan yang dijadikan Kampung KB merupakan salah satu banjar yang paling layak memperoleh program ini. Desa Pakraman Pilan memiliki jumlah 174 KK dan sebanyak 95 KK memperoleh bantuan raskin dari pemerintah. Pembentukan program Kampung KB disamping untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat di kampung dengan KB, program ini juga diharapkan bisa memberdayakan keluarga dengan membangun keluarga kecil berkualitas menuju Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Di Banjar Pilan juga terdapat jumlah keluarga pra-KS yang diatas rata-rata, sedangkan peserta KB juga di bawah rata-rata,”ungkap Dayu Ambari.

Sementara itu, Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menyambut baik adanya kegiatan kampung KB sebagai sebuah program dan gerakan nasional. Kedepannya program KB diharapkan membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

“Kampung KB dapat menjadi motor penggerak partisipasi masyarakat untuk memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat,”ujar Mahayastra.

Lebih lanjut, Wabup Mahayastra sangat berharap kegiatan kampung KB tidak berhenti sampai disini saja. Setidaknya seluruh lapisan masyarakat harus tahu pentingnya program KB karena mempunyai manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai gerakan yang bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan dan program lainnya” jelas Wabup Mahayastra.

Perbekel Desa Kerta, I Made Gunawan menyambut baik program Kampung KB, pihaknya berharap, Desa Kerta yang berlokasi di penghujung utara Kabupaten Gianyar memiliki akses seperti desa lain di Gianyar. Pembangunan Desa Kerta juga bisa setara dengan yang lainnya, sehingga Nawacita Presiden Jokowi bisa dimulai dari Desa Kerta.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa bingkisan kepada anak penyandang difabel dan bantuan permainan kepada anak-anak di Banjar Dinas Pilan yang diserahkan oleh Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar serta penyerahan bantuan beasiswa kepada anak putus sekolah yang diserahkan oleh Wakil Bupati Gianyar.

Selain itu dilakukan juga pemasangan KB gratis bagi warga Banjar Dinas Pilan, dimana didapatkan 60 aseptor dengan rincian 57 aseptor melalui aiudi dan 3 aseptor melalui implan. (Humas Gianyar/Oscar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .