19 May 2015

65 Pustu di Kabupaten Gianyar Terima Bantuan Sepeda Motor

65 Puskesmas Pembantu (Pustu) kecamatan di Kabupaten Gianyar menerima bantuan masing - masing satu fasilitas sepeda motor. Penyerahan secara langsung dilakukan oleh Bupati Gianyar Anak Agung Bharata, didampingi Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra, serta Kepala Diskes Ida Ayu Dwi Cahyani di halaman Kantor Bupati Gianyar, (19/5).

Bupati Bharata mengatakan, peran bidan yang bertugas di pelosok – pelosok wilayah setiap desa tidak bisa dikecilkan. Sebab, mereka berkontribusi besar sebagai ujung tombak dalam kesiagaan melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan medis.”Sudah selayaknya mereka dapat fasilitas yang sejajar dengan pengabdiannya,”kata Bupati.

Tokoh Puri Gianyar itu menekankan, kini, dengan disediakannya alat transportasi penunjang, diharapkan mobilitas kerja para bidan di Pustu masing – masing wilayah kecamatan dapat ditingkatkan.”Tak ada lagi alasan untuk mengeluh karena minimnya sarana dan prasarana,”ujarnya.

Memang diakuinya, fasilitas di beberapa Pustu masih serba terbatas, atau dengan kata lain belum mampu memiliki standar yang bisa dikatakan sangat layak, dalam memberi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Atas kondisi itu, Bupati memastikan Pemkab sudah melakukan perbaikan secara bertahap.”Pemkab sangat berkomitmen memback-up maksimal, namun tetap dalam batas kajian yang tertuang dalam aturan,”ucap Bharata.

Senada dengan Bupati, Sekda Gus Gaga menerangkan, atas pertimbangan dari hasil pantauannya ke lapangan selama ini, banyak dilihatnya bidan – bidan yang bertugas di desa menggunakan sepeda motor pribadi. Hal tersebut mengundang keprihatinnya, sehingga dia berusaha keras untuk menyediakan fasilitas tambahan dalam bentuk kendaraan roda dua tersebut."Total 65 sepeda motor kami siapkan, terkait biaya pemeliharaan dan suku cadang seluruhnya ditanggung Pemkab,"katanya.

“Saya harap dengan adanya sepeda motor berkapasitas 125 cc ini dapat memperlancar akselerasi bidan dalam bekerja melayani masyarakat, terutama untuk mengunjungi warga – warga yang tidak mampu berobat ke puskesmas, serta yang terpenting, meningkatkan efektifitas pembinaan kesehatan ke banjar – banjar,”terangnya.

Salah satu bidan Pustu Blahbatuh II Nyoman Kurnisaih, mewakili apa yang ada dalam benak rekan – rekan seprofesinya, mengaku sangat terharu atas bantuan sepeda motor yang diberikan Pemkab. Hal tersebut, dijadikannya sebagai pelecut untuk makin memaksimalkan kinerja.”Tunjangan ini tentu akan meningkatkan daya jangkau kami dalam mengintensifkan system pelayanan jemput bola secara langsung ke masyarakat,”ucapnya. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .