23 April 2014

45.125 Sate Lilit Gianyar Pecahkan Rekor MURI

45.125 Sate Lilit Gianyar berbahan dasar ikan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Hal ini terungkap pada acara Gianyar Culinary Fetival 2014 dalam rangka Perayaan HUT Kota Gianyar ke-243 di Taman Kota Ciung Wanara, Gianyar, (20/4).

Penghargaan MURI diserahkan Senior Manager MURI, Paulus Pangka kepada tiga unsur, yakni Pemerintah Kabupaten Gianyar sebagai penyelenggara, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Gianyar sebagai penggagas dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar sebagai pelaku.

Paulus Pangka mengatakan berdasarkan perhitungan, 45.125 tusuk sate lilit dengan 3.935 siswa peserta sepanjang 1 km di taman kota ciung wanara dan 5,6 kwintal luluh sate memecahkan rekor MURI pada hari Minggu tanggal 20 April 2014 pukul 17.00 WITA. Rekor ini tercatat di MURI nomor ke 6.438. Rekor ini berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang diraih Kabupaten Tabanan dengan 32.420 tusuk sate lilit dan 1.629 peserta.

Ketua Tim Kreatif Gianyar Culinary Festival (GCF) 2014, I Wayan Kujus Pawitra menjelaskan bahan luluh Sate lilit berasal dari pedagang sate Pantai lebih sebanyak 5,6 kwintal luluh sate dengan 3.935 siswa peserta berasal dari 45 sekolah tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar.

Pemecahan rekor MURI merupakan bagian dari GCF 2014, rangkaian Perayaan HUT Kota Gianyar ke-243. GCF dilaksanakan mulai 19-22 April di Puri Gianyar. Pada hari yang sama (20/4) juga digelar Lomba Babi Guling, Bebek Betutu dan Lawar dengan peserta perwakilan dari tujuh kecamatan. Serta Lomba Jajan Bali dengan peserta seluruh SKPD di Lingkungan pemda. Gianyar.

Selain itu juga di gelar lomba Fruit Carving, Kompetisi memasak Junior dan profesional Chef, Lomba Gebogan, Kompetisi Barista, seminar kuliner dan demo masak menampilkan Selebritas Chef, Haryo Pramoe.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra berterimakasih kepada seluruh masyarakat Gianyar dan seluruh elemen yang terlibat dalam pemecahan rekor MURI tersebut. Pemecahan rekor MURI ini menjadi yang pertama bagi Kabupaten Gianyar dan merupakan kado terindah pada HUT Kota Gianyar ke-243. Pihaknya berharap pemecahan rekor ini menjadi babak baru bagi perkembangan pariwisata kuliner di Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/ns)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .