16 April 2016

36 Pemangku di Singakerta Diberi Penataran

Guna meningkatkan pemahaman wawasan dan pengetahuan pemangku di bidang sesana (Kewajiban ) pemangku, pantangan pemangku, disiplin pribadi pemangku, bratha pemangku, tattwa upakara, etika upakara dan aneka upakara lainnya, Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Bagian Kesra Kabupaten Gianyar mengadakan Penataran Bagi para pemangku seluruh Desa Singakerta, Ubud, (14/4), di Kantor Desa, Desa Singakerta, Ubud.

Penataran  di hadiri 36 pemangku dari berbagai desa pekraman di Desa Singakerta ini telah di mulai pada tanggal 11 April 2016 dan berakhir pada tanggal 14 April 2016.

Kepala Bagian  Kesra Ida Bagus Sumaba mengatakan penataran ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pemangku yang sesuai dengan sastra – sastra agama agar dapat melaksanakan kewajiban sebagai pemangku dengan baik.

“para pemangku yang sudah memperoleh kesucian dari menjalankan upacara pawintenan Eka Jati sudah seharusnya menjaga kesucian sekala dan niskala pada diri masing – masing, “ tutur IB Sumaba.

Narasumber yang memberikan materi dalam penataran tersebut adalah Ida Pedanda Gde Buruan Munik Manuaba dan Ida Pedanda Istri Oka Temuku dari gria Sanding Suta Munik Manuaba Pejeng.

Dalam menyampaikan materinya, Ida Pedande Gde Buruan Munik Manuaba yang juga sebagai dosen di fakultas sastra Unud ini mengharapkan para pemangku menjadikan pelatihan dan pembekalan ini sebagai media untuk saling tukar pikiran sesama pemangku.

Belau juga menghimbau, agar semua pemangku menyiapkan diri untuk menghadapi dunia global yang semakin hari semakin tergerus oleh teknologi.

“ kita harus menyiapkan diri untuk menghadapi situasi seperti saat ini, ” lanjut Ida Pedanda Manuaba. (Humas Gianyar/dede)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .