22 June 2015

16 Subak Terima Bantuan Traktor

Sektor pertanian memang menjadi perhatian serius Pemkab Gianyar. Guna memudahkan petani dalam mengolah pertanian, 16 traktor diserahkan kepada 16 kelompok tani. Bantuan diserahkan Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, (19/6).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, IGA Dewi Hariani mengungkapkan bantuan traktor ini berasal dari pemerintah pusat dan 1 traktor dari pemerintah propinsi. Sebelumnya pada bulan Pebruari 2015, sudah diserahkan 10 unit traktor dan 7 unit pompa air. Total sejak tahun  2013, sudah 129 traktor, 89 unit pompa air, 1 unit chopper, dan 3 unit cultivator digelontorkan kepada kelompok tani. Pada tahun ini juga akan diserahkan bantuan 2 unit alat pemanen padi untuk 2 kelompok tani, yang akan diserahkan pada saat pelaksanaan uji coba nanti. Alat pemanen ini memiliki tingkat kehilangan padi yang kecil yakni dibawah 1%. Sementara jumlah kelompok tani yang ada di Gianyar sebanyak 525.

“Bantuan alat mesin pertanian ini diharapkan merangsang petani dan generasi muda untuk menekuni sektor pertanian dan mencegah alih fungsi lahan,” papar IGA Dewi Hariani seraya menambahkan bantuan ini sesuai dengan permintaan kelompok tani yang mengajukan proposal.

Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra dihadapan kelompok tani mengharapkan bantuan traktor agar dimanfaatkan dengan baik dan tidak disalahgunakan. Sehingga bantuan ini dapat mengurangi beban dan biaya produksi petani serta berujung pada peningkatan kesejahteraan.

“Jangan ragu-ragu untuk mengungkapkan permasalahan di lapangan, kami Pemkab Gianyar tentu akan membantu sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai,” papar Gus Gaga dihadapan petani.

Ditegaskan, pertanian memang menjadi salah satu perhatian serius Pemkab Gianyar dalam upaya mempertahankan budaya bertani masyarakat. Untuk itu, pemerintah selalu memberi perhatian yang sama kepada kelompok tani di Gianyar. Jika ada yang belum mendapatkan bantuan, tentu harus bersabar karena bantuan diberikan secara bertahap dan sesuai dengan sasaran. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .