02 April 2015

146 Penjor Semarakan Peringatan HUT Ke – 244 Kota Gianyar

Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 244 Kota Gianyar yang jatuh pada 19 April 2015, kemeriahan pemasangan penjor merah putih di sepanjang jalan Ngurah Rai Gianyar. Seperti tahun – tahun sebelumnya, peringatan HUT Kota Gianyar dan peringatan Hari Kemerdekaan selalu dimeriahkan perlombaan penjor merah putih yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab. Gianyar, desa se – Kabupaten Gianyar dan instansi vertikal. Tahun  ini, dipastikan sebanyak 146 penjor akan menyemarakkan sepanjang jalan Ngurah Rai hingga depan Lapangan Astina yang mulai dipasang hari ini, (1/4).

Sekda Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra ketika meninjau pemasangan penjor mengatakan, lomba penjor merah putih ini untuk menyemarakkan peringatan HUT Kota Gianyar tahun ini. Kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun saat peringatan hari – hari besar seperti HUT Kota Gianyar dan HUT Kemerdekaan RI. Pelaksanaan lomba penjor merah putih melibatkan seluruh SKPD, isntansi vertikal serta unsur desa sehingga kemeriahan peringatan hari – hari besar tersebut dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Penjor dekoratif ini sebagai cerminan pastisipasi masyarakat dalam menyemarakkan HUT Kota Gianyar,” terang Gus Gaga.

Gus Gaga menambahkan, penjor merah putih ini merupakan penjor dekoratif yang berbeda dengan penjor – penjor yang digunakan Umat Hindu dalam peringati hari – hari suci keagamaan. Dimana dalam penjor dalam memperingati hari – hari suci keagamaan terdapat unsur spriritual,  dimana terdapat beberapa elemen tidak dapat dilepaskan. Sementara, penjor merah putih ini murni merupakan kreatifitas yang hanya mempertimbangkan aspek estetika sebagai bentuk kemampuan mengekspresikan seni dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke – 244 Kota Gianyar.

Ketua Seksi Lomba Penjor Merah Putih, I Gede Astawa mengatakan, lomba penjor merah putih diikuti oleh Kodim 1616 Gianyar, Yonzipur 18/YKR, Polres Gianyar, Pengadilan Negeri Gianyar, Kejaksaan Negeri, smua Badan, Dinas, Instansi, Bagian, Kantor, Unit, BUMD, Camat, Lurah dan Desa Se- Kabupaten Gianyar. Setiap peserta diwajibkan mengeluarkan 1 penjor yang dilombakan dengan jumlah tim minimal 4 orang dan maksimal 10 orang. Kepada masing – masing pemenang nantinya akan diberikan hadiah, Juara I berupa tropi, piagam dan uang tunai sebesar Rp. 8 juta, Juara II ; tropi, piagam dan uang tunai Rp. 6 juta, Juara III; tropi, piagam dan uang tunai Rp. 4 juta, Juara Harapan I, II dan III berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp. 1 juta.  Sedang untuk pembongakarannya akan dilakukan mulai tanggal 4 Mei 2015, yang dilakukan oleh masing – masing peserta.

Salah satu juri penilai I Gusti Agung Wiyat S. Ardhi, mengatakan, unsur yang dinilai yakni, kreatifitas, bentuk, estetika, kebersamaan dan bernuansa merah putih. Penilaian dimulai dari bahan yang digunakan yakni, garis tengah bambu penjor minimal 10 cm dengan ketinggian antara 8 s/d 10 meter dari atas tanah, bahan/sampian dari bahan lontar, serta dirakit ditempat yang telah ditentukan panitia.

“Jika ada peserta yang membawa penjor sudah jadi, akan dikurangi nilainya,” terang Gusti Agung Wiyat S. Ardhi. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .