02 November 2010

121 Warga Gianyar Penderita Kanker

Terjadi peningkatan jumlah penderita kanker sebesar 31 %, dari tahun 2008 sebanyak 92 orang bertambah menjadi 121 orang menurut data 2009-2010. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Gianyar, Ny. Tjok Ace, pada acara Penilaian Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) oleh Tim Penilai Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali, di SMPN 2 Sukawati, Gianyar (1/11). 7 orang Tim Penilai Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali yang diketuai oleh Prof. dr. Suardana di terima oleh Asisten I Setda Gianyar, A A Muter Mulyawati.

Lebih Lanjut, Ny. Tjok Ace menjabarkan 121 penderita kanker tersebut, sesuai jenis kasus dengan urutan 5 besar, yakni; 25 orang penderita kanker payudara, 19 orang penderita kanker rectum, 14 orang penderita kanker servik, 12 orang penderita kanker hati dan 7 orang penderita kanker paru-paru.

Ny. Tjok Ace menambahkan pembinaan ke sekolah-sekolah dilakukan langkah dan kegiatan penanggulangan penyakit kanker, hidup bersih dan sehat dengan memperhatikan asupan gizi dan melaksanakan 3B (bergizi, beragam, berimbang), bebas 5 P (pemanis, pewarna, penyedap, pengawaet dan pengenyal). Lebih lanjut sebagai wakil Gianyar dalam Lomba PKTP tingkat Provinsi Bali adalah SDN 5 Bedulu, SMPN 2 Sukawati dan SMAN 1 Tampak Siring.

Menurut Ketua Tim Penilai Lomba PKTP Tingkat Provinsi Bali, Prof. dr. Suardana, awal diadakan lomba tersebut dikarenakan menurut penelitian, di Indonesia 80 % penderita kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok para penderita, dimana kebiasaan tersebut dimulai dari usia produktif, yakni dibawah 25 tahun (pelajar dan mahasiswa). Karena itu mulai 2006 PKTP dilakukan di sekolah-sekolah dengan harapan mampu menekan jumlah penderita kanker dengan memberikan pengetahuan tentang perjalanan penyakit kanker dan perilaku hidup sehat kepada para siswa serta diharapkan melalui siswa tersebut hidup sehat dapat berimbas ke lingkungan sekitar siswa. Lebih Lanjut Suardana menjelaskan bahwa lomba PKTP di bagi atas 4 kategori, yakni; kategori YKI cabang Kabupaten, kategori SMA, Kategori SMP dan Kategori SD.

A A Muter Mulyawati menjelaskan Pemkab. Gianyar dalam menanggulangi penyakit kanker, khususnya di kalangan pelajar, selain melakukan pembinaan PKTP juga membina KSPAN dan UKS yang semuanya terkait guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya bidang kesehatan. Lebih lanjut diharapkan kesadaran para orang tua murid dan guru-guru untuk memberikan contoh dengan tidak merokok, mengawasi anak-anak agar tidak merokok dan memberikan lingkungan bebas rokok pada anak-anak.

Acara Penilaian diisi dengan ragam tarian dari SMPN 2 Sukawati, persembahan lagu-lagu dari koor SDN 5 Bedulu, SMPN 2 Sukawati dan SMAN 1 Tampak Siring serta drama satu babak oleh SMAN 1 Tampak Siring. Kemudian dilanjutkan dengan tinjauan Tim Penilai Lomba PKTP tingkat Provinsi Bali ke lokasi penilaian.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .