10 December 2015

Wujudkan Pelayanan Prima, Pemkab. Gianyar Gelar Sosialisasi dan Fasilitasi Pelaksanaan PATEN

Guna mempercepat proses terwujudnya komitmen pelayanan prima, Pemkab. Gianyar  berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas pelayanan.  Selain itu, dalam memberikan pelayanan public menuju pelayanan yang prima cepat dan tepat, dilakukan dengan mengoptimalkan peran kecamatan sebagai perangkat terdepan dalam memberikan pelayanan public. Demikian disampaikan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa saat membuka Sosialisasi dan Fasilitasi Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (8/12).

Cokorda Rai Widiarsa menambahkan, untuk mewujudkan pelayanan prima yang cepat dan tepat, perlu ada pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat yang dituangkan dalam bentuk Peraturan Bupati dengan mengacu pada ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 4 Tahun 2010. Melalui pelimpahan kewenangan ini, diharapkan pelayanan di Kabupaten Gianyar dapat berjalan sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat Gianyar.  Dengan dilaksanakannya sosialisai dan fasilitasi ini, diharapkan tidak ada keraguan dari perangkat desa karena ke depan focus kegiatan dilaksanakan di desa. Dikatakan juga, di Tahun 2015, Kabupaten Gianyar merupakan yang pertama kali canangkan PATEN untuk di Bali.

“ Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Pejabat teknis PATEN di Kecamatan dan Desa/Lurah sangat penting. Mereka (Pejabat Teknis PATEN-red)  merupakan garda terdepan sekaligus tolak ukur tingkat pelayanan bagi masyarakat Gianyar,” terang Cok Widiarsa.

Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi, Dra. Ida Ayu Nyoman Tirtaningrat mengatakan, di Kabupaten Gianyar saat ini baru dua Kecamatan yang melaksanakan PATEN yaitu Kecamatan Payangan dan Kecamatan Tegallalang. Kegiatan Sosialisasi  dan Fasilitasi PATEN dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebagai pelaksana PATEN di Kecamatan dan Desa/Lurah sebelum pelaksanaan launching PATEN pada Pemkab Gianyar yang rencananya akan dilaksanakan 17 Desember mendatang.

“Kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pelaksanaan PATEN untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelaksana teknis sehingga pelaksanaan PATEN di Kabupaten Gianyar dapat berjalan dengan terarah dan efektif,” terang Ida Ayu Tirtaningrat.

Ida Ayu Nyoman Tirtaningrat menambahkan, kegiatan sosialisasi sendiri dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 8 dan 10 Desember 2015 dengan tema “Dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Kita Wujudkan Pelayanan yang Prima Cepat dan Tepat Kepada Masyarakat”. Sosialisasi diikuti oleh 84 peserta yang berasal dari 14 orang pejabat Teknis PATEN Kecamatan Se- Kabupaten Gianyar dan 70 orang dari Desa/Lurah. Sementera untuk narasumbernya, pada 8 Desember dari Kasubag Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, Biro Pemerintahan Setda Provinsi Bali, Drs Nyoman Sunarya, M.Si, dengan materi “Kebijakan dan penerapan PATEN di Kabupaten Gianyar” serta Efektivitas dan Kelembaagaan Kecamatan untuk mendukung Pelaksanaan Pelimpahan Kewenangan Bupati kepada Camat”. Dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar dengan materi “Regulasi dan Pelaksanaan Pendelegasian Kewenangan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dari Bupati kepada Camat”, serta dari Badan Pelayanan Perijinan Terpatu Kabupaten Gianyar dengan materi “ Prosedur dan Mekanisme Perijianan”. Sementara pada tanggal 10 Desember, dengan narasumber dari Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Bali, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, serta dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .