29 August 2019

Wujudkan Kader Posyandu Yang Sigap, DPMD bersama TP.PKK Kab. Gianyar Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu

Sekitar 282 orang kader posyandu desa binaan tahun 2019 dan  2020 maupun kader posyandu langkah V di desa lokus stunting dilatih kapasitas dan peningkatan mutu selama 1 hari , Kamis 29/8 di Balai Budaya Gianyar. Selama sehari para kader ini akan ditingkatkan kembali pengetahuan mereka tentang kesehatan, makanan sehat maupun tentang kapasitas posyandu di masyarakat.

Posyandu mempunyai peranan penting di tengah masyarakat, bagaimana para kader ini bekerja dalam upaya menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, balita maupun anak-anak. Terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan dimana salah satu intervensi sensitive untuk mencegah stunting adalah dalam kegiatan posyandu. Oleh karena itu maka kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk lebih mengoptimalkan kegiatan posyandu sehingga terbentuk posyandu yang holistic dan terintegrasi.

Kabid. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, DPMD Kab. Gianyar Ni Wayan Sriyani, menjelaskan  selama sehari para kader ini akan dilatih materi tentang penganekaragaman konsumsi pangan melalui kegiatan posyandu yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Gianyar, Dinas Pendidikan Kab. Gianyar dengan materi Pengintegrasian kegiatan di posyandu, Dinas Kesehatan Gianyar dngan materi Komitmen lintas sector dalam rencana aksi pengembangan posyandu aktif, TP.PKK Kab. Gianyar dengan materi peranan PKK dalam meningkatkan kegiatan posyandu dan dari tenaga ahli kabupaten Gianyar membawakan materi kegiatan pengembangan di posyandu.

“ Merujuk dari semua materi para narasumber, seusai pelatihan ini kami harapkan para kader posyandu dapat lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan posyandu diwilayahnya masing-masing,” kata Wayan Sriyani. 

Di hubungi terpisah Ketua TP.PKK kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan   posyandu ini adalah ujung tombak kesehatan dasar di masyarakat, jadi setelah pelaksanaan Rakorda Posyandu yang dilaksanakan sehari sebelumnya, maka selanjutnya dipandang  perlu para kader diberikan materi-materi posyandu melalui kegiatan peningkatan kapasitas bagi kader posyandu, terutama untuk   peningkatan kader posyandu di desa binaan dan kader posyandu di desa lokus stunting,

 TP.PKK kab. Gianyar bekerjasama dengan DPMD juga telah memberikan pelatihan membuat PMT bagi bayi dan SPA bayi guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal melalui kegiatan posyandu. selain itu, upaya juga dilakukan dengan peluncuran program Puspa Aman dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat melalui kegiatan Hatinya PKK.

Berbagai program inovasi TP.PKK kab. Gianyar bersama instnsi terkait telah mampu menurunkan status stunting di Kabupaten Gianyar. berkat upaya  baik dari peningkatan gizi bagi bayi, balita dan bumil, kebersihan lingkungan serta yang paling penting pola asuh yang baik dalam keluarga.

Ditambahkan, pelatihan ini  bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu di Kabupaten Gianyar tahun 2019. Selain untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan SDM dari para kader, lewat pelatihan  Ny. Adnyani Mahayastra berharap agar  para kader  dapat lebih meningkatkan kepedulian  mereka lebih peka terhadap isu-isu strategis yang tengah terjadi di masyarakat. Diharapkan nantinya para kader dapat memberikan pelayanan dasar yang lebih maksimal melalui kegiatan-kegiatan posyandu.  

"Peranan para kader PKK sangat diharapkan untuk dapat meningkatkan kegiatan di posyandu, serta saat pelatihan ini  kami juga berikan  buku pegangan  kepada kelompok posyandu tentang model pengembangan posyandu di Kabupaten Gianyar," tegas Ny. Adnyani Mahayastra. (humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .