28 August 2017

TP PKK Gianyar Gelar Workshop Pengolahan Sampah

Diantara beragam jenis sampah yang dihasilkan oleh industri rumah tangga,sampah plastik merupakan jenis sampah yang paling sulit untuk diuraikan oleh alam. Padahal kalau kita perhatikan, dalam keseharian kita tentu tak pernah bisa lepas dari penggunaan plastik baik berupa kantong plastik maupun wadah atau kemasan makanan lainnya.Tapi daripada saling menyalahkan berbagai pihak mengenai permasalahan lingkungan ini, alangkah lebih baik jika dimulai dari diri kita sendiri, terutama bagi yang mencintai lingkungan. Hal ini ditegaskan oleh Supardi Asmorobangun, dari Rumah Kompos Padangtegal Kecamatan Ubud, pada acara Workshop Peduli Lingkungan Pengolahan Barang Bekas Menjadi Barang Jadi,di Kantor UPTD Tenaga Kerja Layanan Terpadu Satu Pintu, di Desa Buruan Blahbatuh, (28/8).

Sampah bisa disiasati dengan berbagai cara agar tidak menumpuk dan menganggu lingkungan. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, tentunya kita bisa memperpanjang umur dan juga manfaat dari sampah plastik ini agar tidak menumpuk di tempat sampah.  Menurut Supardi salah satu solusi cerdas dalam menangani masalah ini adalah mendaur ulang menjadi kerajinan yaitu memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda yag berguna bagi kehidupan kita.

Selain Supardi Asmorobangun, nara sumber lainnya I Ketut Punia dari Pemerhati Lingkungan Desa Batubulan dan Ni Nyoman Parwati dari Bank Sampah Asri Br. Kalah Desa Batubulan. Keduanya juga menekankan pada pengolahan sampah menjadi barang-barang untuk kebutuhan sehari hari seperti tas, tempat bunga untuk sembahyang, kotak tissue dan lain sebagainya. Malah Ni Nyoman Parwati selain mengolah sampah, bahkan kelompoknya Bank Sampah Dahlia Asri sudah berdiri sejak tahun 2014 sudah aktif membeli dan menyimpan sampah dari anggotanya. Dari hasil sampah ini anggota sudah memiliki penghasilan sebagai tambahan untuk kebutuhan sehari-hari. “ Sejak berdiri dari tahun 2014, kami saat ini sudah memiliki 109 anggota. Lewat bank sampah selain lingkungan bersih juga bisa menambah penghasilan anggotanya,” ujar Parwati memberi semangat pada peserta workshop.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Iketut Sueta SE.M.Si pada kesempatan itu mengatakan , masalah sampah dimana-mana sering membuat pemerintah pusing, tidak hanya dialami oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar saja. Oleh karena itulah ia berharap, melalui pengolahan sampah, diharapkan mampu sedikit mengurai peliknya masalah sampah di Gianyar. Selain lingkungan jadi bersih, ibu-ibu khususnya anggota PKK adkan mendapat hasil tambahan dari aneka kerajinan yang dibuat dari sampah daur ulang.

Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, workshop ini adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan untuk mengoptimalisasi program kerja PKK, khususnya Pokja III dalam Hal peduli lingkungan untuk meningkatkan pendapatan keluarga. (HumasGianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .