07 September 2014

Tim Kesenian Gianyar Meriahkan Festival Kesenian Yogyakarta

Kehadiran Tim Kesenian Kabupaten Gianyar pada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XXVI Tahun 2014, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya. Selain Bali memang dikenal dengan seni budayanya, pertunjukan seni berjudul “Karebut Kumbakarna” di Area Plaza Pasar Ngasem Yogyakarta, (6/9), dikemas dalam empat pertunjukan seni dengan melibatkan 122 penari.

Pertunjukan seni dibawah garapan Made Sidia ini dikemas cukup unik yakni dalam satu judul terdapat empat pertunjukan seni dengan jalan cerita berurutan atau bersambung. Suara cak yang menggema, disusul peperangan antara Rama beserta pasukan kera melawan Kumbakarna yang seru, membuat penonton tak henti-hentinya memberikan aplaus.

Pementasan diawali pesantian mengulas kisah peperangan antara Rama dan Rahwana. Lanjut pertunjukan Wayang Kulit mengisahkan  pertemuan Rama dengan Sugriwa untuk menyusun siasat perang melawan Kumbakarna. Jalan cerita kemudian bersambung lewat pertunjukan Wayang Wong mengisahkan perdebatan Kumbakarna dengan Rahwana sebelum maju ke medan laga. Intinya, Kumbakarna mau berperang untuk membela negerinya yang telah diserang, bukan untuk membela Rahwana. Sampai akhirnya puncak peperangan antara  Rama dan pasukan kera melawan Kumbakarna lewat pertunjukan cak Bona.

Made Sidia usai acara mengaku puas dengan penampilan duta seni Gianyar. Terkait penggunaan empat pertunjukan seni dengan satu jalan cerita, menurut pemilik sanggar paripurna Bona yang juga Dosen Pedalangan ISI Denpasar ini, untuk memperkenalkan beragam potensi seni budaya di Bali dan Gianyar khususnya.

 “Garapan merupakan sebuah kreasi agar pertunjukan tidak menoton dan masyarakat bisa menyaksikan satu cerita dalam pertunjukan yang berbeda,” terangnya.

Menurut Sidia, pesan dari pertunjukan ini adalah sifat ksatria dan kenegerawanan dari Kumbakarna yang rela mati untuk membela tanah kelahirannya, bukan untuk membela Rahwana yang angkara murka.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar IGN. Wijana yang ikut mendampingi Bupati Agung Bharata menjelaskan, penampilan tim kesenian Gianyar untuk memenuhi undangan panitia FKY guna berpartisipasi dalam FKY.

“Rencananya tim kesenian Yogyakarta juga akan kita undang untuk pentas seni pada HUT Kota Gianyar nanti,” terang Ngurah Wijana. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .