19 October 2017

PKK Desa Sebatu Tegallalang Sabet Penghargaan Kreasi Menu Aplikasi dan Favorit, Dalam Lomba.B2SA Tk Nasional

Prestasi yang cukup membanggakan diraih oleh PKK Desa Sebatu Tegallalang Gianyar. Mewakili Bali dalam lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman ( B2SA), dalam rangka Hari Ketahanan Pangan Nasional di Makodam XII  Kubu RayaTanjung Pura Kalbar, (18/10), PKK Desa Sebatu berhasil meraih Penghargaan kreasi menu aplikatif dan favorit  pilihan Dewan Juri

Didampingi KetuaTP.PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika, Ketua TP.PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra beserta Tim dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan, PKK Desa Sebatu sukses menampilkan berbagai olahan menu berbahan dasar pangan lokal. Dalam  lomba ini disyaratkan membuat menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) untuk satu keluarga yang terdiri dari kepala keluarga ( 29 th), istri ( 27 th) dan seorang anak laki laki berusia 5 th.  menu harus dibuat sesuai dengan kebutuhan sehari hari dan beragam agar tidak bosan. Apalagi membuat menu untuk anak anak 5 tahun 

 

Dalam lomba B2SA PKK Desa Sebatu diwakili oleh  Ida Ayu Made Leoni dan Ni Made Watri. Menurut salah satu wakil dari PKK Desa Sebatu  Made Watri, saat dihubungi mengatakan tidak bisa dipungkiri dalam penyajian sebuah menu makanan, yang pertama kali dilihat adalah penyajiannya. Jika disajikan dalam kemasan yang menarik, bersih orang akan tertarik untuk mencobanya. Ditambahkan, dalam lomba B2SA ini kriterianya adalah olahan  untuk menu makanan sarapan pagi, makan siang dan juga untuk makan malam untuk menu tiga hari. Menu antara makan pagi, siang dan malam tidak boleh sama harus beragam agar keluarga tidak bosan, menu seimbang artinya seimbang kandungan gisinya.
Dengan menggunakan pangan lokal seperti ubi ungu, talas, jagung, ikan air tawar dan berbagai jenis sayuran lokal lainnya, racikan menu yang dikemas dengan sentuhan kekinian menjadi favorit dewan juri. Menu yang ditampilkan saat itu cukup beragam seperti ada menu makanan pagi sate tahu, sayur labu ada menu ayam gulung. Untuk makan siang juga ada menu lontong talas sebagai karbohidrat, sayur jepen- jepen,tum jamur, ada es pelangi dan menu  berbeda juga disajikan pada malam harinya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi mengatakan Dalam menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas, ibu rumah tangga memiliki peranan penting dalam membuat menu makanan  yang beragam, bergisi, seimbang dan aman (B2SA). Ny Surya Adnyani Mahayastra, juga menambahkan yang terpenting dalam menukeluarga, ibu harus mampu mengolah semua makanan agar aman dikonsumsi keluarga. Aman dari unsur 5P, yaitu pengawet, pengenyal, pewarna, penyedap dan pemanis buatan."Dalam menciptakan menu inilah kemampuan dan kreatifitas seorang ibu sangat diperlukan, bagaimana menciptakan menu sehari-hari yang sehat dan beragam sehingga keluarga tidak bosan,” jelas Adnyani Mahayastra.Ditambahkan, dalam kriteria ada menu untuk anak berusia 5 tahun, ini sangat menarik dan penuh tantangan. Bagaimana  membuat anak anak tertarik makan makanan yang kadang tidak mereka sukai seperti sayuran. Menurut Ny. Adnyani Mahayastra, makanan harus dibuat semenarik mungkin, agar anak anak tertarik untuk makan. Jika anak tidak menyukai makan sayur, maka sayur harus diolah dan diakali dalam.penyajiannya. Sehingga mereka tidak sadar kalo mereka telah memakan sayur yang tidak disukainya.Keberhasilan TP.PKK Desa Sebatu menurut Adnyani Mahayastra, tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan berbagai pihak. Ia juga mengucapkan banyak terimakasih, atas kerja keras PKK DEsa Sebatu dalam upaya menciptakan menu dalam lomba ini. Dalam perjalanan menuju lomba tentu banyak rintangan, namun berkat ketekunan dan kerja keras dan tentu juga dibarengi   latihan-latihan sehingga tercipta menu masakan yang berhasil memikat dewan juri, hingga terpilih menjadi favorit. (Humasgianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .