26 July 2024

Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Tinjau Gerakan Pangan Murah

Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa meninjau langsung Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Gianyar di Alun-Alun Gianyar, Jumat (26/7) pagi. GPM ini merupakan gerakan menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi tetap stabil dalam menyambut HUT Badan Pangan Nasional yang ke-3 tanggal 29 Juli 2024. 
Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati didampingi Sekda Gianyar dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Gianyar.
Kepala DKPKP I Gusti Ayu Dewi Hariani menyampaikan, kegiatan ini memang dicanangkan oleh pusat untuk dilaksakan di daerah-daerah termasuk Gianyar, guna menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi. Di pertengahan tahun ini harga sudah mulai naik, seperti beras karena di bulan ini merupakan musim tanam, namun Pemkab Gianyar sudah bekerjasama dengan Perum Bulog untuk memberikan harga di bawah harga pasaran.
“Jika harga murah kan inflasi tetap stabil,” ujarnya.
Selanjutnya Dewi Hariani menyampaikan, selain menstabilkan harga, pelaksanaan GPM ini bisa mendidik masyarakat untuk berjualan tanpa perlu melalui pihak kedua. Terdapat 21 pedagang yang ikut dalam pelaksanaan GPM kali ini diantaranya Perum Bulog, PT. Perusahaan Pedagang Indonesia, Prima Food, Puspa Aman Tulikup dan kelompok binaan yang memang bekerjasama dengan Pemkab. Gianyar. Adapun barang-barang yang dijajakan diantaranya beras, minyak, buah-buahan, telur, sayur-sayuran, tempe, tahu, dan juga produk olahan seperti cendol, jajanan Bali, sate dan lain sebagainya.
“Ini menjadi bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat, bisa dibilang harga yang dijajakan oleh pedagang disini lebih murah dari pada di pasaran,” terangnya.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .