14 November 2023

Percepat Pencapaian PUG, DP3AP2KB Monev Penyelenggaraan PUG Desa/Kelurahan

Guna mempercepat pencapaian pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Gianyar menggelar monitoring dan evaluasi Penyelenggaraan PUG desa/kelurahan, baik program rutin untuk kegiatan yang responsive gender maupun inovasi desa/kelurahan, serta pendampingan untuk pengembangan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), dan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Gianyar, Selasa (14/11).

Kegiatan yang diikuti oleh para perangkat desa/kelurahan maupun unsur perencana desa/kelurahan  menghadirkan narasumber A.A Rai Kartini, Ssos,M.Si.CH dari Widya Iswara BPSDM Provinsi Bali dan I Nyoman Widiartha Mahajaya, ST.MT.
Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati mengatakan mewujudkan misi pemberdayaan perempuan guna terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar telah mengambil beberapa langkah-langkah kebijakan maupun program untuk mempercepat pencapaian pelaksanaan PUG di Daerah. Mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang pembangunan nasional dan daerah, yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.
“Dalam artian bahwa PUG dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan serta mendapat manfaat dari kebijakan program pembangunan," kata Agung Sri Widiawati.
Lanjutnya, penyelenggaraan PUG juga menjadi indikator dalam rangka penganugrahan atas keberhasilan pembangunan di daerah yaitu Anugerah Parahita Eka Praya (APE), yang diberikan  kepada Kementerian/lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota dalam pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang kehidupan.
“Dapat kami sampaikan, Penghargaan APE kepada Bupati Gianyar yaitu Peringkat Madya tahun 2016, Peringkat Madya tahun 2018, Peringkat Utama tahun 2020 sedangkan tahun 2023 penyelenggaraan PUG sedang dalam penilaian atau verifikasi lapangan,” ujar Agung Sri Widiawati.
Selain melakukan monev PUG, juga dilakukan pendampingan untuk pengembangan DRPPA bagi desa/kelurahan serta dapat mengusulkan dan merencanakan pada Musrenbangdes, dan  mampu menyusun program dan kegiatan yang akan dilaksanakan sudah tercermin adanya isu-isu gender untuk mendukung DRPPA/KRPPA itu sendiri. 
Begitu pula halnya dengan keterlibatan partisipasi lembaga masyarakat dalam setiap program dan kegiatan pembangunan di desa/kelurahan untuk menjadi RELAWAN SAPA dalam mendukung pencapaian DRPPA/KRPPA, sehingga capaian penyelenggaraan PUG untuk penghargaan Anugerah Parahita EkaPraya (APE) di Kabupaten Gianyar dapat dipertahankan dan optimis bisa meningkat serta terwujudnya Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA).

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .