25 March 2010

Musyawarah Kerja Palang Merah Indonesia Kabupaten Gianyar Tahun 2010

PMI ( Palang Merah Indonesia)  yang merupakan Satu-satunya Perhimpunan Palang Merah yang ada di Indonesia  keberadaanya sudah tidak asing lagi dikenal masyarakat luas. Hal ini disebabkan organisasi social ini visi misi dan program kerjanya sangat jelas dan nyata berbuat untuk Bangsa Dan Negara Persatuan Kesatuan Republik Indonesia  yang kini telah berusia 64  tahun lewat 7 bulan.

Dikeluarkannya Keppres No. 25 Tahun 1950 yang menyatakan  bahwa PMI Sebagai  organisasi Non Pemerintah  namun dalam pelaksanaanya justru PMI Merpkan Mitra Pemerintah untuk  menyukseskan tugas-tugas   social kemanusiaan yang diperkuat lagi  dengan kaluarnya Keppres No. 246 Tahun 1963 tentang tugas-tugas Pokok PMI.

Menurut Ketua Panitia  yang juga Pengurus PMI Kabupaten Gianyar Dr. Cokorda Gde Wisnu Parta   dalam laoprannya mengakatan Palang Merah Indonesia dalam melaksanakan tugasnya selalu berpedoman pada 7 Prinsip Dasar atau Sapta Prinsip diantaranya  Kemanusian, kesamaan, Kenetralan, kemandiarian, kesukarelaan, kesatuan dan kemestaan  hal ini didasari karena PMI bukanlah organisasi profit oriented melainkan  organisasi yang bunafid.  Lebih Jauh Cok Gde Wisnu Parta  juga mengatakan dalam melanjutkan program kerjanya juga  memiliki kendala yakni masih terbatasnya SDM yang dimiliki disamping belum mampu memberikan Standar Upah Minimum bagi kesajahteraan SDM yang  bertugas di PMI Kabupaten Gianyar, sehingga tidaklah merupkan  hal yang baru bagi   Karyawan PMI Gianyar meninggalkan PMI untuk mencari pekerjaan baru yang lebih  layak kesejahteraanya.

Selain itu Cokorda Gde Wisnu Parta yang juga Mantan anggota DPRD Gianyar   2004-2009  ini  mengatakan  diselenggarakannya Musyawarah  PMIKab Gianyar sesuai dengan AD/ART PMI, dimana sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pelaksanaan program kerja yang telah disusun dalam Musyawarah Kerja tahun sebelumnya dan menyusun Rencana program kerja tahun berikutnya beserta penganggarannya harus dibahas lewat Musyawarah serta program kerja yang nyata dan menyentuh kepentingan social  kemanusian.

Bupati Gianyar yang   diwakili oleh Wabup Dewa Made Sutananya SH dalam sambutannya  merasa salut dan bangga atas kinerja yang telah dilaksanakan oleh Pengurus PMI GIanyar. Terlebih dalam program kerjanya PMI Kab Gianyar telah mampu bersinegi dengan  Pemerintah Daerah dalam  melaksanakan tugas-tugas social yang menimpa jagat pertiwi ini. “Saya berharap agar apa yang telah diperbuat untuk masyarakat luas yang berkaitan dengan program kerja PMI terus ditingkatkan. Kita mengetahui Kabupaten Gianyar rentan dengan  longsor, semoga apa yang  diharapkan sesuai dengan tuntunan Ida Sang Hyang Widhi Waca,”ujar Dewa Sutanaya.  Selain itu Wabup Dewa Made Sutanaya mengucapkan terimaksih kepada seluruh jajaran Pengurus PMI kabupaten Gianyar   karena dalam menyikapi  bencana  yang tidak dapat prediksi kapan datangnya, PMI kabupaten Gianyar cepat tanggap dan  tepat datang sesuai harapan masyarakat, terlebih  dalam  melaksanakan tugasnya PMI   dapat koordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar.  Selain itu Wabup  Sutanaya juga menyempatkan  tanda Palang Merah kepada Ketua PDDI( Persatuan Donor Darah Indonesia )  Kab Gianyar, Kordinator Relawan dan Kordinator Forum Pembina PMR PMI, yang tujuanya bahwa  PDDI, Relawan dan PMR meruapakan satu kesatuan tidak bisa dipisahkan dengan PMI Kab Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .