12 January 2024

Mantapkan Kerjasama, IPB University Lakukan Kunjungan Kerja di Gianyar

Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar menerima kunjungan kerja dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Jumat (12/1) sore, bertempat di Kissidan Eco Hill Retreat and Resto, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar. Kunjungan kerja kali ini dilaksanakan terkait pengembangan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dan IPB University.
Sebelum diterima, para pimpinan IPB University terlebih dahulu diajak berkeliling melihat stand hasil karya kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) Kabupaten Gianyar.
Wakil Rektor IV (Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni) Prof. Dr. Iskandar Z Siregar mengatakan, kunjungan kali ini dilakukan guna membahas pengembangan kerjasama antara IPB dengan Pemkab Gianyar. Salah satunya breeding atau pengembangan bunga gumitir yang telah dikembangkan di Provinsi Bali dan pemberdayaan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja melalui program yang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI.
Selain itu, dirinya juga menyampaikan beberapa kegiatan yang sedang berlangsung diantaranya perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan bagi 20 kabupaten. Dimana salah satunya adalah Kabupaten Gianyar. “Insya Allah tahun ini programnya dilanjutkan dan dikembangkan,” ujarnya.
Bahkan nanti kedepannya akan dikembangkan menjadi summercoast khusus di musim panas yang dikolaborasikan dengan kearifan lokal dan budaya Bali. “Dari FGD sebelumnya sudah diidentifikasi bagaimana kita bisa melaksanakan summercoast tentang pengelolaan sumber daya alam serta diplanning dengan kearifan lokal dan culture-nya Bali,” lanjutnya. Serta pengembangan desa presisi yang akan menjadi percontohan kedepannya. Dalam kerjasama ini IPB juga mengkaji menempatkan mahasiswa magang ataupun KKN Tematik di Kabupaten Gianyar.

Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim IPB University ke Kabupaten Gianyar serta pendampingan yang telah diberikan dari sehingga Kabupaten Gianyar mampu mencetak sumber daya di bidang kewirausahaan serta terciptanya perluasan kesempatan kerja, sehingga menjadi pendukung tujuan bersama untuk mengurangi angka pengangguran di Gianyar. “Kami mengucapkan terimakasih atas pendampingan serta petunjuk-petunjuk melalui pelaksanaan monitoring yang telah diberikan dari Tim Institut Pertanian Bogor University,” kata Dewa Tagel Wirasa.
Sehingga melalui kerja keras dan pendampingan, Kabupaten Gianyar bisa meraih beberapa penghargaan tertinggi dari Kementerian Ketenagakerjaan diantaranya, Komitmen Pemerintah Daerah terbaik sebagai daerah kabupaten yang ditetapkan penerima kawasan, Dinas Tenaga Kerja terbaik sebagai pelaksana program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan, Tenaga Kerja Mandiri (TKM) penerima kegiatan kawasan terbaik dan TKM kawasan terbaik dengan mitra terbanyak. 

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Kadisnaker Gianyar dan Kepala OPD terkait, serta kepala desa yang mendapatkan program Perluasan Kesempatan kerja TKM Berbasis Kawasan.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .