21 July 2024

KOMISI IV DPRD GIANYAR APRESIASI PJ BUPATI TERKAIT PPDB: “TIDAK ADA SISWA TERCECER”

Menanggapi keluhan orang tua siswa yang sebelumnya disampaikan ke Ketua DPRD Gianyar, Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi mengatakan hal tersebut sebagai suatu yang wajar. “Sebagai orang tua wajar panik saat anaknya  tidak mendapatkan sekolah yang diinginkan, tapi sekarang kan sudah tertampung di sekolah negeri semuanya,” ucapnya saat dihubungi Sabtu (20/7/2024). Politisi  PDIP tersebut mengapresiasi Pj Bupati Gianyar yang telah menuntaskan permasalahan PPDB sehingga tidak ada lagi siswa yang tercecer. “Harapan saya ke depannya agar ortu siswa jangan memaksakan untuk diterima di sekolah yang diinginkan, ada proses seleksi, namun kita memastikan tidak ada anak yang tidak dapat sekolah,” tegasnya. 
Ketua Fraksi Indonesia Raya, Ngakan Ketut Putra juga menyampaikan pendapatnya terkait PPDB. Dia mengatakan berdasarkan data yang diterimanya, semua anak didik sudah tertampung. “Prinsipnya, PPDB sudah sesuai prosedur dan mekanisme yang benar sehingga sangat kondusif, kalaupun masih ada tercecer kita tampung di SMPN terdekat atau di SMPN yang rombelnya masih bisa menampung anak didik karena pada prinsipnya anak harus dapat sekolah yang merupakan tanggung jawab negara, ke depan kita akan evaluasi kembali lewat dinas pendidikan  tentang kapasitas  daya tampung dengan jumlah lulusan anak SD dengan tetap mengutamakan kualitas pendidikan,” ucap Ngakan Putra.
Sebelumnya, diberitakan bahwa proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) Gianyar  menyisakan seribuan lebih siswa tercecer. Namun hal tersebut telah teratasi dengan dimasukkannya semua siswa tersebut ke sekolah SMP negeri terdekat dari rumahnya. Hal tersebut diungkapkan Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Mudiarta, Sabtu (20/7/2024). Para siswa tersebut bahkan sudah mengikuti MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) yang sudah berlangsung sejak Senin lalu. “Jadi tidak ada siswa yang tidak dapat sekolah saat ini, semua sudah tertampung, bahkan sedang mengikuti MPLS,” terang Dewa Alit.

Dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar diketahui jumlah siswa SD yang tamat tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 7.672 orang. Jumlah yang sudah diterima di SMP Negeri di Kabupaten Gianyar sebanyak 7.508 orang. Jumlah yang diterima di SMP swasta di Kabupaten Gianyar sebanyak 124 orang. Pindah rayon keluar Kabupaten Gianyar sebanyak 42 orang. Kondisi terakhir ada 2 orang siswa pindah rayon dari luar ke Kabupaten Gianyar. Sehingga dengan demikian sudah semua siswa terfasilitasi ke SMP dengan total 7.674 orang.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .