19 January 2024

Kadisnaker Gianyar Sosialisasikan Budaya K3

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani mensosialisasikan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui Zoom Meeting, Jumat (19/1). Maksud dari sosialisasi K3 adalah untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan kepedulian seluruh stakeholder terhadap pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Bulan K3 Nasional Tahun 2024 mengambil tema budayakan K3 Sehat, dan Selamat Dalam Bekerja, sehingga terjaga keberlangsungan usaha.  
Ketua Panitia sosialisasi K3 I Made Ariana mengatakan tujuan dari sosialisasi K3 untuk meningkatkan kesadaran, memberikan edukasi, dan peningkatan pengetahuan, serta mendorong perubahan budaya K3 ke arah yang lebih baik, guna mendukung menciptakan budaya kerja yang proaktif terhadap K3, dimana keselamatan dan kesehatan kerja dianggap sebagai prioritas utama. 
“Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kesadaran dan pemahaman terhadap pentingnya K3 semakin meningkat, bukan hanya di lingkungan kerja, tetapi juga di lingkungan masyarakat secara luas,” ungkapnya. 
Sementara itu, Kadisnaker Gianyar Dayu Surya mengungkapkan bahwa filosofi dasar keselamatan dan kesehatan kerja adalah untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui perlindungan K3, dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerjanya. 
“Upaya-upaya K3 harus terus-menerus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan secara teknis dan sistematis dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta standar K3 lainnya,” jelasnya. 
Dalam konteks perusahaan, keberlanjutan usaha tidak hanya diukur dari hasil produksi, tetapi juga dari kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat. 
“Selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar mengajak seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Gianyar untuk bersama-sama menerapkan dan menjaga prinsip K3, yang pada hakekatnya untuk menumbuhkan kesadaran seluruh stakeholder, termasuk manajemen dan pekerja, akan pentingnya keselamatan di lingkungan kerja dan memahami risiko-risiko potensial yang mungkin terjadi, serta memberikan strategi pencegahan untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan dan penyakit terkait pekerjaan,” tegasnya. 
 Dilanjutkannya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan produktivitas pekerja adalah dua hal yang sangat penting bagi keberlangsungan dan keberhasilan perusahaan. Kedua hal ini saling terkait dan sangat mempengaruhi satu sama lain. Bebas dari insiden dan kecelakaan kerja membuat pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. 
K3 juga mempengaruhi kondisi fisik dan mental pekerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif. Hubungan antara K3 dengan produktivitas pekerja sangat erat. Pekerja yang bekerja dalam lingkungan kerja yang aman dan nyaman akan merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga dapat bekerja dengan lebih baik dan menghasilkan kinerja yang lebih baik. 
“Mari jadikan Bulan K3 Nasional tahun 2024 ini sebagai momentum untuk bersama-sama membangun budaya kerja yang aman dan sehat. Dengan kerjasama yang kuat, saya meyakini tujuan K3 dapat tercapai dan memberikan dampak positif bagi seluruh pekerja dan keberlangsungan usaha tetap terjaga,” pungkasnya. 
Setidaknya Kadisnaker Gianyar mengundang 225 perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar untuk mengikuti sosialisasi K3 tersebut dengan harapan semua perusahaan dapat mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja untuk keberlangsungan usaha. 
Disnaker Gianyar juga mengajak narasumber berkompeten di bidangnya untuk memastikan sosialisasi K3 benar-benar bermanfaat bagi perusahaan. Seperti dari BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan pemahaman pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di Kabupaten Gianyar yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Eva Vaulina. Adapula Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Muda I Wayan Gede Dedy Wirawan, ST yang memaparkan tentang budaya K3, serta Manila Ayupijaya, ST M.Si Pengantar Kerja Ahli Madia dengan materinya Pengendalian dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Sebelumnya Disnaker Gianyar juga telah turun langsung melakukan pembinaan ke beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Gianyar terkait pelaksanaan K3.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .