21 November 2023

Forum Satu Data Gianyar, Wujudkan Data Berkualitas

Untuk menyediakan data yang berkualitas, valid dan berkelanjutan, dan untuk mewujudkan Satu Data Indonesia, Bappeda Kabupaten Gianyar selaku Sekretariat SDI melaksanakan Forum Satu Data Indonesia di Ruang Sidang Bappeda Kabupaten Gianyar, Senin 30 Oktober 2023.

Forum yang dibuka oleh Kepala Bappeda A.A Dalem Jagadhita, SH , bertujuan untuk penyepakatan daftar data Pemerintah Kabupaten Gianyar tahun 2023, meningkatkan kualitas data perencanaan Pembangunan daerah melalui tata Kelola data yang sesuai  dengan prinsip Satu Data Indonesia dan membangun sinergi dan kolaborasi antara para pemangku kepentingan dalam mewujudkan data perencanaan Pembangunan daerah yang berkualitas.

“Kebijakan SDI ini merupakan Upaya pemerintah dalam mewujudkan ketersediaan  data berkualitas, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaian antar instansi pemerintah untuk mendukung perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pengendalian Pembangunan,” jelas A.A Dalem Jagadhita, SH.

Pada kesempatan itu hadir sebagai narasumber, dari Bappeda Kabupaten Gianyar dengan membawakan materi Peraturan Bupatu Satu Data Gianyar dan SK Satu Data Gianyar, BPS Gianyar selaku Pembina Data Statistik dengan materi Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dan Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Walidata Daerah menyampaikan paparan tentang evaluasi penginputan data tahun 2022 dan penyampaian daftar data tahun 2023. Disamping itu hadir juga Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang selaku Pembinan Data Geospasial dengan membawakan materi Peran Data dan Informasi Geospasial Dalam Perencanaan  Pembangunan Daerah. Pada kesempatan itu juga dilakukan pemaparan materi secara daring dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat.

Pada akhir forum Satu Data dilakukan penandatangan Berita Acara Forum oleh penyelenggara Satu data Gianyar dan Lembar Persetujuan Berita Acara Forum satu data oleh Walidata Pendukung. Pada kesempatan itu juga diserhkan penghargaan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar atas partisipasi mereka dalam pelasnaan Evaluasi Penilaian Statistik Sektoral (EPSS). Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPS Gianyar Maria Iin Maidiana,SST didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Gianyar A.A Dalem Jagadhita dan Kabid Persandian dan Statistik Kabupaten Gianyar Desak Ketut Ariasih.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


diskominfo@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2023 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .