20 August 2024

Diskominfo Gelar Literasi Keamanan Siber

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar menggelar literasi keamanan siber di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Selasa (20/8/2024) di RV Hotel Kutus-kutus Blahbatuh Gianyar. Literasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan siber di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, serta semakin banyak individu yang teredukasi terhadap serangan siber sehingga setiap orang merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan informasi. 
Kepala Dinas Kominfo Gianyar dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Gianyar Desak Ketut Ariasih memaparkan bahwa dalam era digitalisasi pemerintah daerah menjadi target potensial bagi serangan siber yang dapat merugikan integritas data privasi individu, dan kelancaran operasional. Oleh karena itu, penting untuk menyelenggarakan sosialisasi keamanan siber di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gianyar agar semua pemangku kepentingan mulai dari staf sampai ke pucuk pimpinan dapat menjadi bagian dari upaya menjaga keamanan informasi.
Dilanjutkan Desak Ariasih, selain bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan siber, kegiatan tersebut juga bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melindungi infrastruktur pemerintah dari serangan siber. 
“Infrastruktur pemerintah yang terhubung secara digital seperti jaringan komunikasi, sistem informasi, dan layanan publik online, memiliki peran yang sangat vital dan mendukung operasional pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Jadi melindungi infrastruktur dari berbagai ancaman siber adalah tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya. 
Dia berharap dengan adanya kegiatan literasi keamanan siber, para ASN dari staf hingga ke puncak pimpinan dapat mengurangi risiko serangan dengan meningkatnya kesadaran keamanan, dan membantu melindungi data dan informasi penting.
“Semakin banyak individu yang teredukasi, semakin cepat dan efisien respon terhadap serangan siber dapat dilakukan. Sehingga sosialisasi ini harapannya dapat membantu membentuk budaya keamanan di seluruh perangkat daerah, dimana setiap orang merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan informasi,” pungkasnya. 
Tak tanggung-tanggung, Diskominfo menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara sebagai narasumber, seperti Cholilah yang membawakan materi kesadaran siber dan sandi untuk pemimpin di pemerintah daerah. Serta materi membangun literasi keamanan siber sebagai langkah awal menuju dunia digital yang aman yang disampaikan oleh Iang Nugraha.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .