20 January 2011

Bupati Gianyar Launcing PPK BLUD dan SIPKD

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, melaunching Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang online di tingkat SKPD dan SKPKD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gianyar ditandai dengan ditekannya tombol computer oleh Bupati Gianyar. Dalam kesempatan tersebut Bupati Gianyar sekaligus melaunching Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) Unit Pelaksanaan Teknis Kesehatan Masyarakat (UPT Kesmas) serta menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun 2011 di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (20/01).

Launching tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, Ketut Jata, Wakil Bupati Gianyar, Sekda Gianyar dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab. Gianyar.

Dalam Sambutannya Cok Ace menjelaskan aplikasi SIPKD secara online  yang dirancang oleh Kementerian Dalam Negeri, menjadi alat Bantu yang efektif, efisien dan akuntability dalam proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari tahap rancangan anggaran hingga pertanggungjawaban anggaran yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga antara SKPD dan SKPKD dapat menggabungkan data untuk kepentingan konsolidasi.

Lebih lanjut, sejalan dengan SIPKD, PPK BLUD Puskesmas se Kabupaten Gianyar memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas serta penerapan bisnis yang sehat, dengan kelebihan menggunakan pengelolaan dana secara langsung dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ditambahkan, Bupati menghimbau kepada kepala puskesmas se kab. Gianyar agar menyiapakan dasar aturan PPK BLUD sehingga sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, Bupati juga mengharapkan kepada seluruh SKPD agar memperhatikan dan memprioritaskan pelaksanaan SIPKD. Serta terkait penyerahan DPA Kab. Gianyar tahun 2011 diharapkan masing-masing SKPD melaksanakan kegiatan sesuai peraturan pengelolaan keuangan daerah sehingga tertib pelaksanaan, tepat waktu, tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam laporannya Sekda Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Putra Nindia, mengungkapkan bahwa 13 Puskesmas di Kabupaten Gianyar mulai menerapkan PPK BLUD, yakni; UPT Kesmas Gianyar I dan II, UPT Kesmas Blahbatuh I dan II, UPT Kesmas Sukawati I dan II, Tampaksiring I dan II, UPT Kesmas Tegallalang I dan II, UPT Kesmas Ubuda I dan II serta UPT Kesmas Payangan.

Ditambahkan dalam penerapan tersebut, UPT Kesmas harus melalui penilaian dari tim penilai yang diketuai oleh Sekda Kabupaten Gianyar, dengan beberapa indicator penilaian, yakni; Pernyataan kesanggupan meningkatkan kinerja, pola tata kelola, rencana strategis bisnis, Prognosa/proyeksi laporan keuangan pokok, standar pelayanan minimum dan penilaian audit terakhir atau pernyataan bersedia di audit.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .