Detail Berita

Bersih-bersih di Pantai Masceti

  • Senin 01 Februari 2010
  • Dibaca: 307 Pengunjung
Bersih-bersih di Pantai Masceti

bali tv nusantaraDalam rangka memperingati Hari Nusantara ke 10 tahun 2009, Bupati Gianyar, DR. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si, Muspida, Wakil Bupati Dewa Made Sutanaya, Sekda Tjokorda Gde Putra Nindia, Ketua Pengadilan Negeri Gianyar, A.A. Wirakanta, karyawan/karyawati serta masyarakat sekitar, tumpah ruah melaksanakan bersih lingkungan di areal Pantai Masceti(13/12).

Menurut Ketua Panitia I Dewa  Gde Putra Amarta, M,Si melaporkan, kegiatan ini tak semata hanya membuat bersih sesaat Pantai Masceti. Namun diharapkan masyarakat sekitar mampu mempertahankannya melalui kebiasaan ramah lingkungan. Disamping juga membangkitkan   semangat Bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kedaulatan wilayah, belakangan ini mengalami ancaman baik internal maupun eksternal.

Pada kesempatan itu pula dilaksanakan penyerahan bantuan langsung masyarakat ( BLM) dari PNPM Mandiri Kelautan dan Perikanan kepada 27 kelompok  masyarakat pemanfaat pembudidaya  ikan, pembesar lele, Nila, Gurami dan pembenihan lele) yang tersebar di desa Pering dan Bedulu. Penyerahan bantuan sarana  perikanan tangkap kepada 13 kelompok nelayan di Kabupaten Gianyar berupa jukung jaring  dan motor temple. Sedangkan  penyerahan bantuan alat pengolah ikan  kepada 6 kelompok  wanita pengolah ikan di Kabupaten Gianyar berupa freezer, cool box, timbangan, Waskom, panic dan kompor gas.

Bupati Gianyar DR.IR.Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati MSi  dalam sambutannya mengatakan  kegiatan gotong royong yang dilaksanakannya adalah suatu bentuk  pendekatan  guna meningkatkan kebersihan dan kelestarian  wilayah  pantai, dengan mendorong terciptanya  peningkatan kualitas lingkungan fisik pantai, sosial, budaya dan produktifitas serta perkonomian  para nelayan yang bermukim di pesisir pantai di Kabupaten Gianyar. Selain itu Bupati Cok Ace juga mengatakan pola ini untuk menumbuhkan inisatif masyarkat nelayan menuju hidup sehat secara terintegrasi, sehingga wilayah pantai yang ada di Kabupaten Gianyar menjadi bersih, aman,  nyaman dan sehat bagi masyarakat.(iba)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita