Detail Berita

Guru SD Mendapatkan Promosi dan Mutasi

  • Kamis 29 Desember 2011
  • Dibaca: 660 Pengunjung
Guru SD Mendapatkan Promosi dan Mutasi

Sebanyak 157 Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Gianyar menerima surat keputusan mutasi dan promosi guru yang diserahkan oleh Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Balai Budaya Gianyar (29/12).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana, kegiatan mutasi dan promosi ini dilaksanakan mengingat banyak posisi guru yang lowong di beberapa sekolah akibat pensiun. Disamping sebagai upaya penyegaran, mutasi dan promosi sebagai reward kepada guru yang memiliki kemampuan lebih untuk ditempatkan pada sekolah dasar inti.

Ngurah Wijana menambahkan saat ini Kabupaten Gianyar masih kekurangan 244 guru kelas dan 65 guru olahraga untuk ditempatkan di 289 Sekolah Dasar Negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Gianyar. Idealnya dari 289 SD yang ada, jumlah guru SD untuk di Kabupaten Gianyar sebanyak 2.601 guru dengan asumsi untuk satu SD terdiri atas 9 guru, yakni 1 kepala sekolah, 1 guru agama, 1 guru olahraga dan 6 guru kelas.

Kekurangan guru ini menurut Ngurah Wijana akan diisi secara bertahap, karena untuk saat ini pengisian dari kekurangan ini masih terbentuk oleh adanya SKB lima menteri. Kegiatan mutasi dan promisi ini juga menjadi satu solusi untuk pemerataan tenaga guru SD. Sehingga tidak ada di satu Sekolah Dasar yang jumlah gurunya lebih sementara disatu sisi ada yang kurang.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, menyampaikan bahwa mutasi dan promosi adalah suatu keharusan dalam manajemen pemerintahan yang bertujuan untuk pemerataan komposisi guru pada sekolah-sekolah di Kabupaten Gianyar.

Namun demikian dengan mutasi yang dilaksanakan saat ini, bukan berarti pula bahwa semua kebutuhan kekerungan guru saat ini akan sertamerta terpenuhi, melainkan dalam pemerataan ini dimaksudkan sebagai upaya menangulangi terjadinya kesenjangan guru.

Bupati menambahkan mutasi dilakukan saat ini, telah diawali dengan kajian dan analisis yang cukup matang, melalui pendataan komposisi guru-guru pada sekolah-sekolah berdasarkan kebutuhan riil pada sekolah-sekolah dan mengacu pada peraturan bersama lima menteri.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini sekaligus untuk memenuhi persiapan proses pembelajaran pada semester baru nanti, sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar disekolah akan dapat berjalan sesuai harapan kita bersama.

Dengan diserahkannya SK mutasi ini, Bupati meminta kepada para guru yang dimutasi untuk segera melaksanakan tugas-tugas ditempat yang baru, dan secara khusus kepada guru yang mendapatkan promosi agar sekaligus menjadikan momentum ini sebagai tonggak pengabdian dalam mewujudkan iklim pendidikan yang lebih berkualitas. (Humas Gianyar)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita