Lihat Saran

Media ini dibuat untuk menampung segala saran dan kritik Anda, manfaatkan kesempatan ini untuk kemajuan Pemerintah Kabupaten Gianyar .

SAMPAH

Oleh : DEDIK | 2015-03-31 01:01:33 | Dibaca : 0 Pengunjung

Saran :

Om swastyastu saya mau bertanya sebenarnya ada tidak program pemerintah untuk menangani masalah sampah di gianyar karena saya lihat sebagian sampah di payangan di buang kesungai atau di bakar oleh warga di pasar juga terdapat penumpukan sampah. Kalau bisa ikuti denpasar dalam pengangkutan sampah dari bak penampungan sementara warga menuju TPA. Mari kita jaga gianyar agar tetap bersih. Suksma

Tanggapan :

Dapat kami sampaikan jawaban atas pertanyaan bapak bahwa : 1. Program pengelolaan sampah di Kabupaten Gianyar sesuai dengan Peraturan Daerah No. 11 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, di tingkat Desa akan dibentuk lembaga pengelola tingkat Desa dan tingkat kecamatan, Peraturan Bupati terakait dengan pembentukan kelembagaan dimaksud masih dalam proses penyusunan, Sosialisasi Peraturan Daerah No. 11 tahun 2013 beserta peraturan Bupatinya akan disosialisasikan Triwulan IV tahun 2015. 2. Pelayanan penanganan sampah di Kabupaten Gianyar baru bisa dilaksanakan di Kota Gianyar dan Pasar pasar Umum yang ada di Kabupaten Gianyar (7 Kecamatan), termasuk Pasar Umum Payangan, Namun karena keterbatasan sarana dan tenaga yang ada, baru bisa dilayani/diangkut 2 hari sekali. 3. Pembuangan sampah ke sungai dan pembakaran sampah, tidak dibenarkan yang dapat mengakibatkan pencemaran, bahaya banjir, dan kerusakan lingkungan. 4. Kegiatan DKP di Kecamatan Payangan terkait dengan penanganan sampah, dilaksanakan pada tanggal 6 November 2014, yaitu sosialisasi Bank Sampah dan komposting. 5. Sesuai dengan Undang - undang No.18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, pengelolaan sampah bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi menjadi tanggung jawab dunia dan masyarakat. (Sumber : Dinas Kebersihan dan Pertanaman Kabupaten Gianyar)