Baca Berita

UPT Kesmas Blahbatuh II Dinilai Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi

Oleh : | 05 Juli 2017 | Dibaca : 105 Pengunjung

Sumber Foto : (HumasGianyar/Set)

Peran Puskesmas sesungguhnya bukan untk mengobati, tetapi fungsi puskesmas lebih sebagai upaya promotif dan preventif untuk mengajak masyarakat hidup sehat.  Keberhasilan Puskesmas, dapat diukur manakala jumlah kunjungan menurun bukan karena beralih ke tempat lain, melainkan karena masyakarat sedikit yang sakit. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali selaku Ketua Tim Penilai, dr. Ketut Suarjaya, MPPM pada penilaian Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali di Puskesmas Blahbatuh II, (4/7). Rombongan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes didampingi Kepala Puskesmas Blahbatuh II, dr. Made Intan Ayurini.

Ketut Suarjaya menambahkan,  Kabupaten Gianyar di bidang kesehatan sangat baik. Pada 2013 lalu, Indeks pembangunan kesehatan masyarakat yang dinilai 3 tahun sekali, Kabupaten Gianyar menduduki peringkat pertama di seluruh Indonesia. Namun, demikian upaya menjaga kesehatan harus terus didorong utamanya partisipasi masyarakat dan seluruh komponen untuk menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Lomba ini bukan sekedar mencari juara. Melainkan upaya untuk meningkatkan peran Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. Puskesmas paling berperan dalam keberhasilan pembangunan kesehatan,” terang Ketut Surjaya.

Sementara itu, Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata dalam sambutan yang dibaca Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati mengatakan, Lomba Puskesmas Berprestasi merupakan dorongan untuk meningkatkan motivasi dalam ikut serta mendukung dan mendorong keberhasilan pembangunan bidang kesehatan. Arah pembangunan di bidang kesehatan di Kabupaten Gianyar adalah terselenggaranya pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu dan terjangkau. Maka program aksi yang dilakukan yakni mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat di seluruh pelosok wilayah. Hal ini didukung dengan meningkatkan sarana/prasarana Puskesmas yang dapat memberikan layanan kesehatan secara lengkap, tepat kepada masyarakat.

“Penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau tersebut dengan memberikan perhatian khusus lepada masyarakat tidak mampu, anak rawan kesehatan dan para lanjut usia,” terang I A Cahyani.

Kepala Puskesmas Blahbtatuh II, dr. Made Intan Ayurini menyampaikan, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, beberapa inovasi telah dilaksanakan Puskesmas Blahbatuh II. Antaralain, Inovasi Rumah Anak yang dibuat sebagai wahana untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan penanganan anak berkebutuhan khusus, Inovasi Gemar Pekak Diabetes, Gema Cek Galau serta Pembentukan Kade Rematik.

Intan Ayurini menambahkan, upaya meningkatkan mutu, kinerja dan keselamatam pasien terus ditingkatkan dengan menerapkan, PPK BLUD, akreditasi Puskesmas, menambah SDM sesuai kebutuhan, meningkatkan kualitas SDM, penempatan tenaga sesuai dengan kompetensi, pengadaan sarana dan prasarana sesuai dengan Pemenkes serta membuat inovasi – inovasi pelayanan.

“Pada Inovasi Rumah Anak, kami sediakan pojok laktasi, ruang curhat, konseling gizi, ruang bermain indoor serta outdoor,” terang Made Intan Ayurini.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali  juga menyerahkan sertifikat akreditasi madya  kepada UPT Kesmas Blahbatuh II dan UPT Kesmas Ubud I. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penailaian lapangan. (HumasGianyar/Set)

Foto Terkait :


Oleh : | 05 Juli 2017 | Dibaca : 105 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :