Baca Berita

Pemkab Gianyar Gelar Gerakan Gianyar Membaca

Oleh : | 19 Mei 2017 | Dibaca : 131 Pengunjung

Sumber Foto : HumasGianyar

Untuk meningkatkan minat dan budaya baca pelajar, remaja dan masyarakat, Pemkab. Gianyar menggelar Gerakan Gianyar Membaca. Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2014, dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan minat dan budaya baca di lingkungan sekolah, meningkatkan citra dan optimalisasi perpustakaan dan pembelajaran sepanjang hayat. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Putra Amarta pada acara pengundian doorprize Gerakan Gianyar Membaca di Balai Budaya Gianyar, (18/5).

Dewa Amarta menambahkan, Gerakan Gianyar Membaca yang diawali tahun 2014, dimulai dengan membuat percontohan pada 7 SD di Kelurahan Gianyar bekerjasama dengan Yayasan Lentera Bali. Pada tahun 2015-2016 menyasar seluruh SD se-Kabupaten Gianyar, dan berlanjut di tahun 2017 menyasar remaja dan masyarakat.  Kepala Dispusar juga menambahkan dalam meningkatkan minat dan budaya baca, selain keberadaan perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan di tiap desa, dan lembaga Pemkab. Gianyar juga menyediakan layanan perpustakaan keliling dengan 3 mobil layanan, pojok baca, lomba literasi, resensi buku yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, di Kabupaten Gianyar terdapat 449 unit perpustakaan, dengan jumlah judul buku mencapai 685.429 judul dengan rata-rata kunjungan 313.006/bulan.

Dewa Amarta menambahkan dalam kegiatan pengundian doorprice, setiap siswa dibawah bimbingan guru diwajibkan membuat rangkuman dari sebuah buku yang diganti dengan 1 buah kupon. Selanjutnya kupon ini diundi untuk mendapatkan dooorprice.terang Dewa Amarta.

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata selepas menyampaikan apresiasi atas kegiatan GIanyar Gemar membaca. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan lebih ditingkatkan kedepannya. Dispusar diharapkan melakukan berbagai terobosan untuk lebih meningkatkan budaya baca masyarakat. Sistem jemput bola melalui pojok baca sampai ketingkat banjar, dan ketersedian bahan bacaan dan fasilitas perpustakaan yang lebih baik sesuai perkembangan teknologi.

Salah seorang peserta pemenang undian, Ni  Kadek Dian Indra Wahyuni, siswa SMP N 3 Tegalalang menyampaikan kegiatan resensi buku ini, membuatnya untuk termotivasi untuk membaca buku sampai tuntas agar mengahasilkan rangkuman yang lebih. (HumasGianyar)

Photo Terkait :


Oleh : | 19 Mei 2017 | Dibaca : 131 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :