Baca Berita

Pelayanan Gratis Screening Penyakit Tidak Menular

Oleh : | 18 April 2017 | Dibaca : 128 Pengunjung

Sumber Foto :

Tenda sebelah Timur Lapangan Astina Gianyar, termasuk salah satu tenda yang paling ramai dikunjungi masyarakat sejak dibukanya Pameran HUT ke 246 Kota Gianyar. Maklum saja, tenda tersebut adalah tenda yang memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat dan pengunjung pameran, (17/4).

Di gawangi Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan secara umum dan screening faktor resiko penyakit tidak menular. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. I.A  Cahyani Widyawati, pemeriksaan meliputi pemeriksaan gula darah, tekanan darah atau hipertensi, dan obesitas. Dengan sasaran umur 15 – 59 tahun, animo masyarakat untuk memeriksakan diri cukup tinggi. Pada hari pertama, (16/4) masyarakat yang melakukan screening mencapai 62 orang. Jumlah ini tenttu meningkat hingga penutupan pameran.

“kami sangat sening, hal ini membuktikan bahwa kesdaran masyarakat untuk memeriksakan diri cukup tinggi. Karena tidak dipungkiri penyakit seperti diabetes, hipertensi maupun obesitas sangat berbahaya,” tegas dr. I.A Cahyani.

Lebih lanjut dijelaskan selain memanfaatkan moment seperti HUT ke 246 Kota Gianyar, pemeriksaan atau screening ini sudah rutin dilakukan di masyarakat. selain itu Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar juga telah membentuk pos binaan terpadu pengendalian penyakit tidak menular pada tahun 2015 lalu.

Untuk kedepannya menurut Kadiskes. dr. I.A Cahyani dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat atau Germas, rencananya Dinas Kesehatan juga akan membentuk Pos binaan terpadu khusus untuk pegawai di lingkungan Pemkab. Gianyar. Dimana nantinya akan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan rutin pada pegawai khusus untuk cek gula darah, hipertensi dan obesitas. Untuk tempatnya menurut dr. Cahyani masih belum ditentukan, mungkin masih di Kantor Lingkungan Pemkab. Gianyar. Ini sangat penting untuk menekan angka prevalensiangka kematian akibat penyakit tidak menular.

Selain sreening penyakit tidak menular, pada kesempatan yang sama juga diberikan pelayanan pemasangan KB gratis yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gianyar. Menurut Kasi Jaminan KB, Drs. I.B Gede Oka, pelayanan KB gratis ini meliputi KB implant dan IUD.

Dengan mendatangkan dokter dari RSUD Sanjiwani Gianyar, dr.I.B Budi Yoga, Sp.Og, terjarik 40 akseptor KB. Dan akseptor yang datang juga di beri bingkisisan berupa paket sembako. (HumasGianyar/Eni)


Oleh : | 18 April 2017 | Dibaca : 128 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :