Detail Berita

Disnaker Gianyar Petakan Potensi Kawasan

  • Rabu 30 November 2022
  • Dibaca: 46 Pengunjung
Disnaker Gianyar Petakan Potensi Kawasan

Sebagai tindak lanjut Rembuk Nasional Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Jakarta awal Nopember 2022 lalu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani mengadakan pertemuan lanjutan dengan OPD terkait, diantaranya Bappeda, Disperindag, Dinas Koperasi, dan Dinas Pariwisata di Villa Kori Maharani, Selasa (29/11).

 

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Tenaga Ahli Kementerian Ketenagakerjaan RI, DR Jaenal Effendi, MA. Pertemuan tersebut membahas grand design perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. Antara lain, identifikasi profiling potensi kawasan, potensi SDM, potensi alam, potensi sosial budaya,dan potensi ragam kuliner. 

Selain itu dibahas pula implementasi program Kemnaker melalui Dinas Tenaga Kerja tahun 2022 berupa Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan Padat  Karya yang bertujuan untuk perluasan kesempatan kerja guna menekan angka pengangguran di Kabupaten Gianyar. Dari hasil monitoring yang dilakukan tim Tenaga Ahli Kementerian Ketenagakerjaan RI  dari IPB disampaikan bahwa, proses penyelesaian program padat karya kawasan sudah berjalan dengan baik sesuai juknis yang dijadikan acuan kerja oleh kelompok. Termasuk pula pelatihan kelompok TKM Kawasan sudah berjalan sangat lancar serta sudah menampakkan hasil yang dapat dirasakan oleh peserta latih. 

 

Diketahui Kabupaten Gianyar mendapatkan Program Perluasan Kerja Berbasis Kawasan dari Kementerian Tenaga Kerja tahun 2022 ini. Yang mana program tersebut telah ditindaklanjuti oleh Disnaker Gianyar dengan melaksanakan pelatihan bagi kelompok-kelompok masyarakat di Desa Lebih, Desa Sidan, dan Desa Bakbakan. Bahkan kelompok-kelompok masyarakat yang dilatih tersebut sudah memulai usaha dengan berbekal pelatihan yang mereka terima dari Disnaker Gianyar. Salah satunya adalah mereka memamerkan kreasi kuliner olahan ikan mereka pada acara Road to Hakordia yang digelar KPK RI di Alun-alun Kota Gianyar beberapa waktu lalu.

 

Kepala Disnaker Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani berharap program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan, dengan dukungan penuh dari OPD, mitra, dan tak kalah penting dukungan masyarakat Gianyar. Kedepannya di Kabupaten Gianyar akan melaksanakan rembug tingkat lokal dan menyusun rencana aksi pengembangan kawasan dengan partisipasi aktif semua pihak dari pusat sampai daerah.

 

*teks/foto: ist

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita