Detail Berita

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ketua TP. PKK Gianyar Resmikan Puspa Aman Desa Buruan

  • Rabu 30 November 2022
  • Dibaca: 73 Pengunjung
Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ketua TP. PKK Gianyar Resmikan Puspa Aman Desa Buruan

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra kembali meresmikan Pusat Pangat Alami Mandiri Asri dan Nyaman (Puspa Aman) Desa Buruan, Blahbatuh, Rabu (30/11) pagi. Puspa Aman merupakan program unggulan TP. PKK Gianyar untuk mempercepat penganekaragaman pangan dan memantapkan ketahanan pangan masyarakat.

Puspa Aman sendiri disinergikan dengan Hatinya PKK untuk memanfaatkan pekarangan untuk ditanami dengan tanaman pangan. “Dengan memanfaatkan pekarangan untuk ditanami dengan tanaman pangan sangatlah tepat untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga, disamping itu juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” terang Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Terlebih. dengan Puspa Aman dirinya berkeyakinan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat untuk membentuk pola konsumsi pangan yang baik, sehingga dapat membantu penanganan daerah rawan stunting serta daerah rentan rawan pangan dan menjaga inflasi tetap rendah dan stabil.

Launching Puspa Aman Desa Buruan diisi dengan pelepasan benih ikan mujair dan penanaman benih tanaman cabai oleh Ny Surya Adnyani Mahayastra didampingi Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, Perbekel Desa Buruan serta OPD Terkait di Lingkungan Pemkab Gianyar.

Program Puspa Aman Desa Buruan sebenarnya sudah dicanangkan sejak tahun 2020 namun akibat pandemi covid-19 program tersebut baru terealisasi tahun 2022.

Perbekel Desa Buruan I Ketut Sumarda mengatakan, pembangunan Puspa Aman Desa Buruan merupakan upaya pemerintahan desa dalam mendukung program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan masyarakat. “Diharakan program ini dapat memenuhi kebutuhan pokok pangan masyarakat baik kebutuhan nabati maupun hewani keluarga, yang kami sinergikan dengan 10 program pokok PKK,” ujarnya.

“Bukan hanya sekedar membangun, namun lebih kepada berkelanjutan dari manfaat yang bisa dirasakan masyarakat khususnya masyarakat yang belum mampu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” sambungnya.

Kades Desa Buruan Ketut Sumarda merencanakan pengelolaan Puspa Aman bekerjasama dengan BUMDes Dharma Arta Sedana Desa Buruan untuk membuka wisata kuliner seperti memancing ikan dari kolam langsung dengan memasaknya langsung, sehingga pengunjung merasakan kesan natural dan menambah keinginan untuk datang kembali.

 

*Teks: AJ

*Foto: lanus

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita