Detail Berita

Disnaker Gianyar Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Lebih

  • Kamis 17 November 2022
  • Dibaca: 61 Pengunjung
Disnaker Gianyar Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Lebih

Kepala Disnaker Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani bersama Kepala Disperindag, Luh Gede Eka Suary meninjau pelatihan berbasis kompetensi mobile training unit kawasan perluasan kesempatan kerja bagi tenaga kerja mandiri, pada Kelompok Putra Samudra di Wantilan Pura Segara Desa Lebih, Kamis (17/11) . 

Mengingat Kelompok Putra Samudra merupakan kelompok yang berada di pesisir, Dinas Tenaga Kerja memberikan pelatihan pengolahan ikan menjadi berbagai makanan siap saji. 

"Kelompok Putra Samudra diberikan keterampilan dalam mengolah ikan menjadi berbagai makanan seperti siomay, dimsum, nuget, kaki naga, otak-otak bakar, samosa, dan yang lainnya, dan mengingat Desa Lebih sebagai pusat kuliner ikan dengan pelatihan olahan serba ikan tepat diberikan," ujar Dayu Surya. 

Dikatakannya pelatihan tersebut untuk meningkatkan pendapatan Kelompok Putra Samudra. 

"Jadi disini tujuannya agar kedepan Kelompok Putra Samudra bisa mandiri dan berkembang meningkatkan penghasilan dengan membuka usaha kecil-kecilan," harapnya. 

Lebih lanjut Dayu Surya berpesan agar pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan wawasan dan ketrampilan Kelompok Putra Samudra. 

"Jadi pelatihan selama 18 hari ini, semoga bisa bermanfaat dan berdampak bagi perekonomian masyarakat dan produk yang dihasilkan bisa dijual, dan para anggota kelompok juga bisa membuka usaha. Sehingga dapat menekan jumlah pengangguran di Kabupaten Gianyar," jelasnya. 

Pelatihan tersebut difasilitasi oleh Disnaker Kabupaten Gianyar melalui UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Kabupaten Gianyar. Ditambahkan Dayu Surya, setelah pelatihan di Kelompok Putra Samudra akan dilanjutkan dengan pelatihan di Desa Bakbakan dan Desa Sidan. 

Salah satu peserta pelatihan Ni Nyoman Muriani mengaku mendapat banyak manfaat serta pengetahuan baru selama mengikuti pelatihan. 

"Saya merasakan banyak yang bisa didapatkan dari pelatihan ini. Dari sebelumnya saya hanya bisa mengolah ikan menjadi sop kepala ikan, sate, ikan bakar dan pepes kini saya tahu cara mengolah ikan menjadi berbagi masakan. Sehingga saya bisa menyajikan berbagai menu di warung nantinya," ujar pemilik Warung Indah Lebih tersebut. 

Diketahui, Kabupaten Gianyar merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Bali yang menerima program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan yang diluncurkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Tahun 2021. Dimana pada tahun tersebut hanya ada 5 kabupaten kota yang terpilih dan sekarang di Tahun 2022 ada 15 kabupaten/kota yang dipilih dan Gianyar menjadi salah satunya.

 

*teks dan foto: abung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita