Detail Berita

Peringatan Hari Pahlawan di Gianyar, Meneladani Semangat Para Pahlawan

  • Kamis 10 November 2022
  • Dibaca: 57 Pengunjung
Peringatan Hari Pahlawan di Gianyar, Meneladani Semangat Para Pahlawan

Untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur, Pemkab Gianyar menggelar upacara bendera di halaman kantor Bupati Gianyar, Kamis (10/11/22). Upacara tersebut dipimpin Bupati Gianyar, I Made Mahayastra sebagai inspektur upacara.

Hari Pahlawan tahun ini diperingati di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi meliputi pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Meskipun begitu, peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tidak kehilangan makna perjuangan pahlawan. Bahkan dapat memberikan teladan dan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa.

Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia mengatakan, teladan dari para Pahlawan Bangsa, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, dengan tema “Pahlawanku Teladanku” serta semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. “Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Sloka Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Bupati Mahayastra.

Lebih lanjut, dengan momentum Peringatan Hari Pahlawan, dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.  “Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” kata Bupati Mahayastra.

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa,” papar Bupati Mahayastra.

Untuk itu, Bupati Mahayastra mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. “Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” tandasnya.

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan tabur bunga dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kertha Kertya Mandala Gianyar yang dilakukan oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun bersama Forkopimda dan kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita