Detail Berita

Semangat Membangun Negeri Warnai Pelantikan Pengurus Pramuka Gianyar

  • Kamis 03 November 2022
  • Dibaca: 59 Pengunjung
Semangat Membangun Negeri Warnai Pelantikan Pengurus Pramuka Gianyar

Padamu negeri kami berjanji, Padamu negeri kami berbakti, Padamu negeri kami mengabdi, Bagimu negeri jiwa raga kami mungkin lirik lagu tersebut dapat menggambarkan semangat Pramuka Kabupaten Gianyar dalam membentuk generasi muda ke arah yang lebih baik. Semangat tersebut tersirat saat pelantikan Majelis Pembimbing Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar masa bakti 2019 hingga 2024 di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Kamis (3/11).

I Made Rentin selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali mengapresiasi Gerakan pramuka di Kabupaten Gianyar, bahkan dijelaskannya kebanyakan posisi strategis di Kwartir Daerah Bali banyak diisi oleh orang-orang Gianyar. 

“Andalan Kwarda Bali untuk mengisi posisi strategis banyak diisi oleh putra/putri Gianyar, bahkan lambang Kwarda Bali juga dibuat oleh Putra Gianyar dan menjadi satu-satunya Kwarda di Indonesia yang telah memiliki lambang dengan badan hukum berupa Haki,” jelas Made rentin.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada kepengurusan Pramuka Cabang Gianyar periode 2014 hingga 2019 serta mengucap selamat bertugas kepada kepengurusan pramuka Cabang Gianyar masa bakti 2019-2024.

Dirinya menekankan di tengah kemajuan informasi teknologi dan era digitalisasi yang membawa dampak positif perlu dilakukan berbagai antisipasi terhadap berbagai kemungkinan negatifnya. Salah satunya memanfaatkan teknologi untuk mempercepat pekerjaan. 

“Jadi esensinya dalam memanfaatkan kemajuan informasi teknologi dan era digitalisasi kita tidak mau terbawa atau terberangus kemajuan teknologi, mari bersama manfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk meringankan atau mempercepat suatu sistem kerja,” ujarnya. 

Senada dengan Made Rentin, Bupati Gianyar yang diwakili Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan bahwa pada era globalisasi saat ini, sangat penting pembangunan manusia yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Karena pemuda demikianlah yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan lebih baik,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, Pramuka merupakan garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

“Gerakan Pramuka harus tetap kita arahkan untuk memantapkan komitmen generasi muda dalam membentuk karaktek yang kokoh, cerdas, unggul, tangguh, inovatif dan tetap bersatu dengan kepribadian yang luhur dan mulia,” tegasnya. 

Dalam pelantikan tersebut ditetapkan Bupati Gianyar I Made Mahayastra sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gianyar didampingi Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya sebagi Sekretaris. I Ketut Putra Jaya sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gianyar, serta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gianyar Diisi oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun.

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita