Detail Berita

Gianyar Siapkan Fragmen Calon Arang, Sambut Peserta Maybank Marathon 2022

  • Kamis 25 Agustus 2022
  • Dibaca: 73 Pengunjung
Gianyar Siapkan Fragmen Calon Arang, Sambut Peserta Maybank Marathon 2022

Maybank Marathon akan kembali digelar di Gianyar, 28 Agustus 2022 mendatang. Maybank Marathon menjadi salah satu momemtum pemulihan pariwisata dan ekonomi Bali pada umumnya, Gianyar pada khususnya setelah dua tahun masa pandemic Covid-19. Betapa tidak, Maybank Marathon merupakan lomba marathon tingkat internasional tahunan yang melibatkan kurang lebih 9.000 peserta dari 40 negara.

 

Maybank Marathon 2022 yakni, start dan finish di Bali Safari & Marine Park, Ketewel, Guwang, Sukawati, Saba, Pering, Blahbatuh, Belega, Bona, Bitera, Gianyar, Abianbase, Tedung, Keramas, Medahan. Terdapat tiga kategori perlombaan, yakni Marathon (42 km) yang start pukul 04.30 Wita, Half Marathon (21 km) start pukul 05.15 Wita, dan 10K Run (10 Km) yang start pukul 06.00 Wita.

 

Camat Gianyar, Komang Alit Adnyana mengatakan, terdapat 3 kelurahan di Kecamatan Gianyar akan dilalui oleh peserta Maybank Marathon 2022. Wilayah tersebut meliputi, Kelurahan Bitera, Kelurahan Gianyar dan Kelurahan Abianbase. Berbagai persiapanpun dilakukan untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan peserta pada saat pelaksanaan lomba. Hal tersebut terungkap saat rapat persiapan bersama Polsek Gianyar, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup serta Diskominfo, Kamis, (25/8) di Ruang Camat Gianyar.

 

“Hari ini, kami lakukan rapat koordinasi bersama Kapolsek Gianyar serta OPD terkait untuk memastikan pelaksaan lomba dapat berjalan dengan lancar. Baik segi kenyamanan dan keamaan peserta lomba,” kata Alit Adnyana.

 

Alit Adnyana menambahkan, selain memastikan kenyaman dan keamanan peserta, bekerja sama dengan kepala lingkungan dan masyarakat di wilayah yang dilewati peserta lomba juga telah menyiapkan beberapa fasilitas toilet di sepanjang rute yang dilalui termasuk melibatkan pecalang dari sisi keamanan. Begitu juga keberadaan lampu penerang jalan dipastikan dalam kondisi menyala dan tidak tertutup pohon perindang jalan. Bahkan, tari penyambutan berupa fragmentari calon arang pun disiapkan di wilayah Kelurahan Abianbase yakni di depan persimpangan menuju Tedung.

 

“Kami juga harapkan partisipasi dan dukungan warga untuk menyukseskan kegiatan ini serta menjaga citra Gianyar di mata dunia. Melalui kaling, kami juga himbau sepanjang rute yang dilalui peserta steril dari parkir kendaraan dan agar anjing peliharaan dikandangkan sementara,” imbuh Alit Adnyana.

 

Sementara Kapolsek Gianyar, Kompol I Ketut Tomiyasa, SH, MH mengatakan, sekitar 400 personil Polres Gianyar akan diturunkan untuk mengamankan jalannya Maybank Marathon 2022. Untuk itu, kepada masyarakat diharapkan menghindari rute yang sudah ditetapkan dan mecari jalur alternatif lainnya. Pengamanan juga dibantu oleh Pecalang dari desa yang dilalui.

 

“Kami harapkan kerja sama semua pihak sebagai tuan rumah yang baik. Keamanan dan kenyamanan peserta menjadi prioritas kami,” tegas Kompol Tomiyasa.

 

*teks dan foto: set

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita