Detail Berita

BPS Gelar Statistik Goes to Community Secara Virtual

  • Jumat 18 Desember 2020
  • Dibaca: 39 Pengunjung
BPS Gelar Statistik Goes to Community Secara Virtual

Dalam rangka mendekatkan statistik kepada masyarakat, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama STATISTIK Goes to Community (SGC). Kegiatan SGC ini telah dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Gianyar sejak awal tahun 2019. Namun, di masa pandemi ini, kegiatan SGC tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung, dan diputuskan untuk terus dilanjutkan dengan pola pertemuan secara virtual melalui media Zoom. Untuk pelaksanaan terakhir, BPS Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan SGC virtual pada hari Senin, 30 November 2020. Webinar ini dihadiri oleh komponen masyarakat Kabupaten Gianyar yang berasal dari berbagai golongan seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Gianyar, perangkat desa, sekaa teruna teruni, desa, hingga mahasiswa. Kegiatan ini rencananya secara rutin dilaksanakan setiap bulannya sehingga diharapkan statistik bisa lebih dekat kepada masyarakat, dan masyarakat dapat memanfaatkan statistik dengan lebih optimal dalam kehidupan sehari-hari.

            Webinar ini memaparkan dan mendiskusikan mulai dari pengertian statistik, pentingnya statistik, peran statistik dalam kehidupan sehari-hari, hingga informasi terkait kegiatan statistik yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Gianyar serta cara mendapatkan statistik dari BPS Kabupaten Gianyar dan berbagai stakeholder penghasil statistik lainnya. Diskusi yang dimunculkan dimaksudkan agar ke depannya masyarakat dapat lebih memahami statistik, dapat memperoleh statistik dari sumber-sumber terpercaya, dapat memanfaatkan data menjadi informasi yang berguna serta terhindar dari adanya penyebaran informasi hoax atau informasi yang tidak benar. BPS Kabupaten Gianyar secara khusus berharap agar kegiatan SGC dapat berdampak pada masyarakat yang semakin terbiasa dengan adanya statistik dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping pembahasan terkait apa itu statistik serta bagaimana peran statistik dalam kehidupan sehari-hari, webinar ini juga membahas tentang bagaimana kegiatan statistik yang dilakukan di BPS Kabupaten Gianyar. Hal ini ditujukan agar keberadaan BPS sebagai institusi Pembina Statistik dan juga pengumpul data statistik dasar di Kabupaten Gianyar, dapat lebih diketahui keberadaan dan fungsinya oleh masyarakat, sehingga ke depannya kegiatan pendataan yang melibatkan masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat memahami pentingnya pemberian data yang benar sesuai keadaan lapangan yang sebenarnya. Dalam kegiatan webinar SGC ini, juga dilakukan kuis sebelum dan sesudah pemaparan pemateri. Hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman peserta webinar terhadap statistik serta kegiatan statistik di BPS Kabupaten Gianyar, serta untuk melihat efektivitas pelaksanaan kegiatan SGC ini. Kegiatan SGC ini juga mengajak masyarakat untuk menulis statistik di media sosial serta mendaftarkan email atau nomor WA mereka pada mailing list di Sisbro (Sistem Statistik Broadcasting) di https://s.bps.go.id/form-pendaftaran-sisbro, sehingga masyarakat bisa lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan informasi terkini dari BPS Kabupaten Gianyar yang sudah diupdate secara rutin melalui https://gianyarkab.bps.go.id (website layanan data BPS Kabupaten Gianyar). (sumber : bps)

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita