Detail Berita

BPKP Provinsi Bali Bersama Inspektorat Kab Gianyar dan Kejari Gianyar Pantau Penyaluran BST di Kecamatan Sukawati

  • Kamis 21 Mei 2020
  • Dibaca: 100 Pengunjung
BPKP Provinsi Bali Bersama Inspektorat Kab Gianyar dan Kejari Gianyar Pantau Penyaluran BST di Kecamatan Sukawati

Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar, I Ketut Pasek Lanang Sadia bersama unsur Kejaksaan Negeri Gianyar, Dinas Sosial Kabupaten Gianyar mendampingi Perwakilan Badan Pengawasa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali, I Nyoman Sujana melakukan pemantauan penyaluran dana Bantuan Sodial Tunai (BST) di wilayah Kecamatan Sukawati, Rabu, (20/5).

Dari data yang dikeluarkan PT. POS (Persero) Kpc Sukawati, terdapat 443 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di sembilan desa se Kecamatan Sukawati. Penyerahan dilakukan di Kantor Camat Sukawati dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19. Yakni, masing-masing desa diatur jam penyerahan serta jarak duduk antara penerima manfaat. Penyerahan BST dimulai dari pukul 10.00 Wita-14.00 Wita.

Perwakilan BPKP Provinsi Bali, I Nyoman Sujana mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melakukan pemantaun terkait penyaluran bantuan sosial dalalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Gianyar. Dikatakan, berdasar hasil pemantauan penyaluran BST di Kecamatan Sukawati berlangsung sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain ada pengaturan jarak, juga diberlakukan jadwal penyaluran dengan jam yang berbeda bagi masing-masing desa.

“Penyaluran dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada. Dan ada pembatasan terkait dengan jarak yang selama ini sering kita liat ada antrian. Kondisi hari ini cukup baik, cukup memadai. Kami dari BPKP akan terus mengawasi terkait penyaluran bansos termasuk BST dan yang lain.” tegas Sujana.

Kasi Datun Kejari Gianyar, Martina P., SH., MBA, mengatakan, penyaluran BST di Kecamatan Sukawati berlangsung dengan baik. Diterima langsung oleh KPM dan tidak diwakili serta besaran dana yang diberikan sesuai dengan semestinya tanpa ada pemotongan yakni sebesar Rp. 600 ribu.

“Saya mengapresiasi kinerja dari PT. Pos Indonesia dan Dinas Sosial Kabupaten Gianyar terkait penyaluran BST kepada KPM,” kata Martina.

Sementara Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar, I Ketut Pasek Lanang Sadia mengatakan, sangat mengapresiasi kerjasama dalam rangka pemantauan penyaluran BST di Kabupaten Gianyar antara BPKP, Kejaksaan, PT. Pos Indonesia serta Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. Sehingga, bantuan sampai kepada masyarakat yang berhak dalam kondisi aman, tertib dan tetap menerapkan protokol penanganan Covid-19.

“Pemkab Gianyar dibawah kepemimpinan Bupati Mahayastra menaruh perhatian besar terhadap penanganan Covid-19 dan tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuh Lanang Sadia. (Humas/Set)

 

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita